Accupressure Untuk Mengatasi Insomnia Pada Lansia

Melania Wahyuningsih, Anita Liliana

Abstract


Populasi lansia di Indonesia meningkat dari tahun ke tanhun, Proses degenerative pada lansia menyebabkan penurunan fungsi tubuh yang mengakibatkan munculnya masalah kesehatan. Masalah yang sering muncul pada lansia adalah insomnia. Dampak insomnia pada lansia antara lain gangguan memori, depresi yang mengakibatkan penurunan kualitas hidup. Salah satu cara untuk mengatasi insomnia pada lansia adalah acupressure meningkatkan sirkulasi darah merangsang sistem saraf dan tubuh rileks. Pengabdian masyarakat ini mengajarkan acupressure untuk mengatasi insomnia dan mengetahui pengaruh acupressure terhadap kualitas tidur lansia. Lansia yang didiajarkan tentang acupressure sebanyak 24 orang yang dipilih dengan consecutive sampling. Sebelum lansia diajarkan teknik acupressure diukur kualitas tidurnya dengan menggunakan PSQI. Intervensi acupressure diberikan selama 3 hari berturut turut dan pada hari ke 4 kualitas tidur lansia diukur lagi. Hasil pengabdian masyarakat bahwa kualitas tidur lansia sebelum diberikan intervensi acupressure rerata 9,08, dan sesudah diberikan intervensi acupressure rerata 4,95. Analisa t test diperoleh hasil p value 0,000. Acupressure mempengaruhi kualitas tidur lansia.

Keywords


Acupressure; Lansia; Kualitas tidur

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik; 2018.

Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. Berita Resmi Statistik No. 7/01/Th. XXIV, 21 Januari 2021

Kurniadi, K. (2019). Pengaruh Akupresur Terhadap Penurunan Skala Insomnia Pada Lansia (Studi Kasus Pada Lansia Di Posyandu Desa Nanga Taman Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Pontianak).

Suarniti, N. K. A. (2020). Efektivitas Terapi Akupresur Dalam Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Bali).

Baequny, A., & Hidayati, S. (2021). The Effect Of Acupressure In Improving The Quality Of Sleep In The Elderly. Juru Rawat: Jurnal Update Keperawatan, (1)

Jatnika, G., & Hartanto, S. (2019). The Effect of Acupressure Therapy in Obstructive Sleep Apnea. Journal of Medicine and Health, 2(4).

Hermawan, D. A. (2015). Pengaruh Pijat Refleksi Telapak Kaki Terhadap Kualitas Tidur Pada Lansia Di Panti Tresna Werdhahargodedali Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Sumedi, T., Handoyo, H., & Wahyudi, W. (2018). Perbedaan Efektifitas Metode Terapi Akupresur Dan Hipnoterapi Terhadap Kualitas Tidur Pada Lanjut Usia Di Panti Wredha Kabupaten Banyumas. Jurnal Keperawatan Mersi, 7(2), 1-6.

Utami, R. J., Indarwati, R., & Pradanie, R. (2021). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur Lansia Di Panti. Jurnal Health Sains, 2(3), 362-380.

WIYATNO, E. R. (2017). Pengaruh Akupresur terhadap Kecemasan, Kualitas Tidur dan Status Hemodinamik Pasien Acute Myocardial Infarction.


Abstract View: 335, PDF Download: 238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.