Literasi Anti Stunting Ibu Cerdas Balita Sehat, Dapur Sehat, dan Peduli Balita Sehat di Dusun Babadan Kalurahan Sitimulyo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Natasya Gabryella Trisagita,Hanny Juanita Christy Dumatubun,Renata Deby Sintia,Mohammad Solihin

Abstract


Kurangnya pengetahuan masyarakat khususnya ibu hamil dan ibu yang memiliki balita mengenai stunting menjadi salah satu penyebab terjadinya asupan gizi yang buruk mulai janin dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Stunting merupakan permasalahan kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Literasi merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan pengetahuan stunting pada ibu hamil dan ibu balita. Kegiatan program kerja unit 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Respati Yogyakarta tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan literasi anti stunting bagi masyarakat Dusun Babadan, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode pendekatan yang digunakan dengan beberapa kegiatan, yaitu metode 1) Edukasi, Penyuluhan, dan Pengukuran, 2) Membuat Produk dan Desain Produk Makanan Sehat, dan 3) Seminar Literasi Anti Stunting. Hasil yang diperoleh menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada ibu hamil dan ibu balita mengenai stunting dari hasil pretest dan posttest setelah diuji analisis statistik menggunakan uji paired T-test terhadap 18 responden. Nilai rata-rata pretest yaitu 8,06 dan 9,06 saat posttest sehingga disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan tentang stunting dengan adanya kegiatan literasi pada masyarakat di Dusun Babadan.

Keywords


Penyakit tidak menular; Skrining; Konseling

Full Text:

PDF

References


Lisnawati, I., dan Ertinawati, Y. 2009. Literat Melalui Presentasi. Metaedukasi. 1:1 1-12.

Rahmadhita, K. 2020. Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 11:1 225-229.

Arwina, A. 2022. Pengumpulan Data Balita Dan Masalah Stunting Di Dukuh Babadan. Hasil Wawancara Tanggal 25 Juni 2022. Dukuh Babadan RT 05 Sampakan.

Olsa, ED., Sulastri, D., Anas, E. 2017. Hubungan Sikap dan Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Stunting pada Anak Baru Masuk Sekolah Dasar di Kecamatan Nanggalo. Jurnal Kesehatan Andalas. 6:3 523-529.

Picauly, I., Toy, SM. 2013. Analisis Determinan Dan Pengaruh Stunting Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Di Kupang Dan Sumba Timur, NTT. Jurnal Gizi dan Pangan. 8:1 55-62.

Ernawati, F., Rosmalina, Y., Permanasari, Y. 2013. Pengaruh Asupan Protein Ibu Hamil dan Panjang Bayi Lahir Terhadap Kejadian Stunting Pada Anak Usia 12 Bulan di Kabupaten Bogor. Penelitian Gizi dan Makanan. 36:1 1-11.

Rahmawati, A., Nurmawati, T., Sari, PL. 2019. Faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Orang Tua tentang Stunting pada Balita. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal Ners Midwifery). 6:3 389-395.

Kusumawati, E., Rahardjo, S., Sari, HP. 2015. Model Pengendalian Faktor Risiko Stunting pada Anak Usia di Bawah Tiga Tahun. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 9:3 249-256.

Dukuh Babadan. 2022. Website Dukuh Babadan. Tersedia di https://desababadanunit1.wordpress.com/ [diakses pada 29 Juli 2022].


Abstract View: 222, PDF Download: 152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.