Pengolahan Sampah yang Bernilai Ekonomis

Efraim Umbu Bolu, Astria Riri Lusita,Yul iana Aprillia Sahuburua, Savira Nur Aziz zah, Mohammad Solihin

Abstract


Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa memiliki peran strategis sebagai agen perubahan (agent change). Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan di Dusun Kuden, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, selama 18 hari dimulai pada tanggal 20 Juni sampai dengan 8 Juli 2022. Dusun Kuden merupakan desa yang dipilih menjadi desa tujuan. KKN diawali dengan proses observasi dan melihat potensi desa yang akan menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan KKN. Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Hasil yang didapatkan dari observasi Kuliah Kerja Nyata ini di tentukan program kerja KKN kelompok yang akan dilaksanakan meliputi program fisik maupun nonfisik. Program fisik meliputi pendataan penduduk, sedangkan program nonfisik meliputi edukasi, senam sehat, UMKM dan seminar. Setelah masa KKN, diharapkan pihak masyarakat Kuden akan terus menggembangkan bakat dan kemampuan disemua bidang, dan bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di Padukuhan.

Keywords


KKN UNRIYO; Sampah; Senam Sehat; UMKM; Seminar

Full Text:

PDF

References


Taufiq Agus, M. Fajar Maulana (2015) Sosialisasi Sampah Organik dan Sampah Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, vol 4 2089-3086 hal 68 –73.

Ezeoha SL & Ezenwanne JN. Production of Biodegradable Plastic Packaging Film from Cassava Starch. IOSR Journal of Engineering (IOSRJEN), Vol. 3 (10): 14-20.

Jamieson AJ, Brooks LSR, Reid WDK, Piertney SB, Narayanaswamy BE, and Linley TD. 2019. Microplastics and synthetic particles ingested by deep-sea amphipods in six of the deepest marine ecosystems on Earth. R. Soc. open sci. 6: 180667.


Abstract View: 150, PDF Download: 149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.