Pemeriksaan dan Pendidikan Kesehatan Hipertensi Kepada Lansia di Dusun Bangkel

Zahrotun Bunga Kharisma Zahrotun Bunga Kharisma

Abstract


Lansia lebih memiliki risiko atau memungkinkan untuk mengalami berbagai penyakit khususnya penyakit degeneratif jika dibandingkan dengan usia muda. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mengalami resiko kesakitan (morbiditas) bahkan kematian (mortalitas). Di dusun Bangkel banyak lansia yang kurang pengetahuan kesehatan seperti pola hidup yang tidak sehat makan makanan yanng tinggi garam sehingga terjadi masalah hipertensi. Tujuan dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan pendidikan kesehatan adalah meningkatkan status kesehatan dan menambah wawasan pada lansia. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit hipertensi mulai dari definisi, etiologi, manifestasi klinis, pencegahan dan penatalaksanaan serta melakukan pengecekan tekanan darah kepada sasaran 12 orang lansia. Hasil dari kegiatan pemeriksaan tekanan darah didusun Bangkel ini yaitu menunjukan 66% lansia dengan tekanan darah tinggi. 17% lansia dengan tekanan darah normal, dan 17% lansia dengan tekanan darah rendah. Setelah diberikan pendidikan kesehatan serta evaluasi lansia bisa menjawab soal yang diberikan dan pengetahuan lansia sudah lebih baik dan bisa memahami terkait peengertian hipertensi, tanda dan gejala hipertensi, dan penyebab dari hipertensi. Disarankan kepada lansia diatas 60-65 tahun yang menderita hipertensi untuk melakukan pengontrolan tekanan darah secara rutin dan untuk yang tidak mengalami hipertensi diharapkan bisa mencegah penyakit hipertensi.

Keywords


Hipertensi; Pendidikan Kesehatan; Lansia

Full Text:

PDF

References


K. RI, Situasi Lanjut Usia (Lansia) di Indonesia, Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI , 2019.

M. S. A. T. Nisak R, "Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Deteksi Dini Pengendalian Penyakit Degeneratif pada Lansia di Dusun Karang Pucang, Desa Ngancar, Kecamatan Pitu, Wilayah Kerja," 2018.

S. Kholifah, "Keperawatan Gerontik. Jakarta: Kementerian Keseharan Republik Indonesia: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badang Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.," 2016.

R. P. I. A. &. S. B. W. Ariyanti, "Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hipertensi Pada Lansia," Jurnal Pengabdian Masyarakat, p. 74, 2020.

P. &. P. B. Dafriani, Pendekatan Herbal Dalam Mengatasi Hipertensi., Palembang: CV Berkah Prima, 2019.

Sherwood, Fisiologi jantung: Fisiologi manusia dari sel ke sistem, Jakarta: EGC, 2011.

Y. S. Fajri, "Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Hipertensi Pada Lansia Tahap Awal di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang.," 2017.

R. Herlianita, "Krisis Hipertensi," Jurnal Keperawatan , 2010.

R. &. D. D. N. A. Lisiswanti, "paya pencegahan hipertensi.," Jurnal Majority, pp. 50-54, 2016.

N. G. M. S. &. d. S. H. C. Mafutha, "Development of a hypertension health literacy assessment tool for use in primary healthcare clinics in South Africa, Gauteng," African Journal of Primary Health Care and Family Medicine, pp. 1-9, 2017.

J. Widimský, "The role of arterial hypertension in the primary prevention of stroke," 2016.

F. B. B. &. J. W. Fernalia, "Efektivitas Metode Edukasi Audiovisual terhadap Self Management pada Pasien Hipertensi," Jurnal Keperawatan Silampari, pp. 221-233, 2019.

S. A. Yonata, "Hipertensi sebagai Faktor Pencetus Terjadinya Stroke," Jurnal Majority, 2016.

R. A. A. &. W. A. Yulendasari, "Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Pendidikan Individual Tentang Pengetahuan Pola Makan Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Banjar Agung Kabupaten Lampung Selatan," Malahayati Nursing Journal, pp. 705-715, 2020.

E. S. A. B. R. H. N. A. A. d. Ann, Pedoman Tatalaksana Hipertensi pada Penyakit Kardiovaskular. Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia., 2015.

M. T. &. S. M. Susanti, "Pengaruh pendidikan kesehatan tentang hipertensi terhadap pengetahuan dan sikap mengelola hipertensi di puskesmas pandanaran semarang," 2012.

M. U. T. &. E. H. Kilic, "The effect of knowledge about hypertension on the control of high blood pressure," International Journal of the Cardiovascular Academy, pp. 27-32, 2016.

E. &. W. A. Suprayitno, "Pendampingan Tentang Penyakit Hipertensi dan PerawatanKeluarga Dengan Hipertensi," Seminar Nasional Hasil Pengabdian, pp. 104-106, 2019.

S. Alfian, "Perbaikan Perilaku Dan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Di Rsud Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin Setelah Pemberian Leaflet Edukasi Hipertensi Dan Terapinya," pp. 140-144, 2015.


Abstract View: 618, PDF Download: 573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.