Pemeriksaan Tekanan Darah Dan Pendidikan Kesehatan Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Dusun Karanggayam Desa Sitimulyo Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul

Ayu Putri Purwandini, Kalvari Silamma,Ro nnie Agus L, Lusi Widyanita P,Made Sagit Wahyu Okto R,Felisitas G. Ngongo,Adi Sucipto

Abstract


Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. Berdasarkan analisis situasi setelah dilakukan observasi di Dusun Karanggayam, terdapat beberapa masalah yang dijumpai salah satunya terkait dengan penyakit Hipertensi. Sebagian besar lansia di Dusun Karanggayam belum memahami mengenai hipertensi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah observasi, wawancara, pemeriksaan tekanan darah dan pendidikan kesehatan tentang penyakit hipertensi. Hasil yang didapatkan setelah dilaksanakan program ini adalah sebgain besar lanisa mengalami hipertensi (71%) para lansia di Dusun Karanggayam mengetahui tentang penyakit yang dideritanya yaitu Hipertensi, para lansia juga mengetahui penyebab dari penyakitnya, tanda dan gejala apa saja yang dialami dan juga pencegahan apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari hipertensi.

Keywords


Hipertensi; Pemeriksaan Tekanan Darah; Pendidikan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Syardiansah S. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilm Manaj Univ Puter Batam). 2019;7(1):57–68.

Imelda I, Sjaaf F, Puspita T. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Puskesmas Air Dingin Lubuk Minturun. Heal Med J. 2020;2(2):68–77.

World Health Organization. 2019;

Kementrian Kesehatan RI. 2019;

Karanggayam PD. No Title. 2022.

Istain K, Handayani AN, Umara AA, Hanifah GA, Mutsana MI, Zuhri AA, et al. Pelatihan Kepemudaan Pemuda-Mudi Dusun Cetok sebagai Upaya Optimalisasi Peran Pemuda dalam Mengembangkan Potensi Desa. Pros Konf Pengabdi Masy. 2019;1:91–3.

Ariyanti R, Preharsini IA, Sipolio BW. Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hipertensi Pada Lansia. To Maega J Pengabdi Masy. 2020;3(2):74.

Hamzah S, Hikma Saleh SN, B H. Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Hipertensi Melalui Metode Penyuluhan. J Pengabdiaan Masy Kasih. 2022;3(2):7–13.

Putra IMDC, Yuhari MRATW. Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar untuk Mewujudkan Karakter Anak yang Sadar Kebersihan di Desa Carangsari. SEGARA WIDYA J Has Penelit dan Pengabdi Masy. 2020;8(2):78–83.

Siti Suciati, Ernik Rustiana. Pemeriksaan Tekanan Darah Dan Konseling Tentang Hipertensi dan Komplikasinya Pada Lansia Di Desa Kromasan Kabupaten Tulungagung. Janita J Pengabdi Kpd Masy. 2021;1(1):31–6.


Abstract View: 165, PDF Download: 88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.