Pelatihan Pengembangan Destinasi Pariwisata melalui Penguatan Paket Wisata di Desa Wisata Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah

Diansari Solihah Amini, Diansari Solihah Amini, Lila Retnani Utami

Abstract


Desa wisata Bugisan memiliki banyak potensi daerah yang bisa dikembangkan baik dalam bentuk wisata sejarah maupun wisata alam. Berdirinya Candi Plaosan atau Candi Kembar menjadi identitas yang menambah ciri khas desa wisata Bugisan. Beragamnya potensi yang terdapat di desa Bugisan ternyata belum mampu menyerap secara optimal datangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini disebabkan karena salah satunya belum ditetapkannya paket wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan ke desa Bugisan. Lembaga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mengelola desa Bugisan sebetulnya memiliki beberapa paket wisata akan tetapi belum dapat merepresentasikan potensi desa seutuhnya, sehingga paket wisata yang ditawarkan hanya bersifat parsial. Dengan demikian, pelatihan yang diberikan kepada pengelola desa Bugisan adalah melalui pemberian materi tentang 12 unsur-unsur penarik wisatawan dan strategi pengembangan desa wisata melalui 5A. Dengan materi tersebut, para pengelola diberikan pendampingan untuk memperdalam potensi desa Bugisan yang belum tersentuh. Hasil pelatihan adalah munculnya ide untuk membuat paket wisata Fotostory yang mampu merepresentasikan seluruh potensi daerah di desa Bugisan. Paket wisata Fotostory ini juga merupakan penguatan dan kombinasi serta modifikasi dari paket-paket wisata yang sebelumnya telah ada namun bersifat parsial.

Keywords


Pengembangan Pariwisata; Paket Wisata; Desa Bugisan

Full Text:

PDF

References


Rosalisa, dkk. Strategi Pemasaran Kawasan Pecinan Suryakencana Bogor Sebagai Destinasi Wisata Budaya. Journal of Tourism Destination and Attraction. Vol III No. 1 Juni 2015, ISSN: 2339-1987. 2015.

Wilopo, K. K., & Hakim, L. Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 42(1), 58. 2017.

Sutiarso, M. A. Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya di Desa Selumbung, Karangasem. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 14. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.594. 2018.

Khotimah, dkk. Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 41 No.1 Januari 2017.

Agus Sutiarso, Moh. Pengembangan Pariwisata Yang Berkelanjutan Melalui Ekowisata. Disampaikan pada Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Teluk Bone Bidang Pariwisata, Kolaka-Sulawesi , 7 Maret 2017.

https://www.unwto.org/tourism-and-culture

Fatmawati EN, Satiti EN, Wahyuningsih H. Pengembangan Potensi Desa Wisata untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Ponggok Kabupaten Klaten. Jurnal Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta 98(84). 2017.

https://republika.co.id/berita/ree5yt396/desa-bugisan-kaya-warisan-leluhur-jadi-destinasi-unggulan

https://bbplm-jakarta.kemendesa.go.id/index.php/view/detil/365/pengembangan-desa-wisata

http://www.desabugisan.com/


Abstract View: 145, PDF Download: 80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.