Menulis Puisi sebagai Media Pembelajaran dalam Memperluas Perbendaharaan Kata Bahasa Inggris

Galant Nanta Adhitya, Devi Rosmawati, Nursyamtiah, Tri Yuniarti, Cristo Valen Rahanra

Abstract


Kosakata krusial dalam mengungkapkan ide, informasi, gagasan maupun perasaan. Memiliki perbendaharaan kata yang luas menunjang kemampuan berbicara, menyimak, membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, pentingnya memperluas perbendaharaan kata masih sering terlupakan. Akibatnya, penguasaan penggunaan kosakata tergolong rendah. Selain itu, urgensi perbendaharaan kata sering dikesampingkan karena pengguna bahasa dapat dengan mudah membuka kamus kapan saja untuk mencari kata yang dibutuhkan. Hal ini menjadikan pengguna bahasa Inggris pasif. Situasi inilah yang membuat topik ini menarik untuk diangkat sebagai Pengabdian kepada Masyarat yang akan dilaksanakan di PPA Domby Kid’s Hope Gadjah Wong. Ada banyak metode dalam meningkatkan perbendaharaan kata dengan cara yang sederhana tetapi menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media karya sastra. Puisi, utamanya memiliki potensi sebagai alat pembelajaran yang menyenangkan. Menulis puisi, yang menekankan pada pilihan kata, adalah metode yang tepat dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris. Empat faktor yang mendorong peningkatan tersebut adalah (1) eksplorasi kosakata Bahasa Inggris baru yang belum pernah atau jarang digunakan, (2) kombinasi kata Bahasa Inggris dalam menciptakan makna baru melalui bahasa kiasan, (3) proses penerjemahan ketika berusaha mengutarakan intensi melalui puisi memberikan pemahaman makna dari sebuah kata, ide, atau konteks dan (4) kebebasaan untuk memilih diksi tanpa perlu menghiraukan malu atau takut.

Keywords


puisi; media pembelajaran; metode pembelajaran; perbendaharaan kata.

Full Text:

PDF

References


Crystal D. English Worldwide. In: Seargeant P, Swann J, editors. English in the world: history, diversity & change. New York: Routlegde; 2012. p. 152-77.

Adyawardhani Y. Memosisikan bahasa Inggris dalam perencanaan bahasa di Indonesia. Jurnal bahasa Inggris terapan. 2018. 4(1): 1-7. Available from: https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/inggris/article/download/1353/1120/.

Nurdiana. Discourse analysis and English language teaching. Journal of language and culture. 2015. 5 (1): 148-54. Available from: https://journal.ubm.ac.id/index.php/english-language-culture/article/download/281/270.

Wilkins, D A. Linguistics in language teaching. Australia: Edward Arnold; 1972.

Linse C T, Nunan D. Practical English Language teaching: Young learners. New York:McGraw-Hill ESL/ELT; 2005.

Sundari W. Penguasaan kosakata bahasa Inggris pada mahasiswa D3 teknik sipil Universitas Diponegoro Semarang. Lensa: Kajian kebahasaan, kesusastraan dan budaya. 2014. 4(1): 48-57. Available from: https://doi.org/10.26714/lensa.4.1.2014.48-57.

Sudharman M. Domby Kid’s Hope, harapan bagi anak di Kali Code. Mlampahjurnal (blog on the Internet). (Place unknown): (Publisher Unknown): 2019 – (cited 2022 May 4). Available from: https://mlampahjurnal.wordpress.com/2019/03/26/domby-kids-hope-harapan-bagi-anak-di-kali-code/.

Domby Kid’s Hope Jogjakarta (blog on the Internet). (Place unknown): (Publisher Unknown): 2010 – (cited 2022 May 5). Available from: http://dombykidshope.my-php.net/?i=1.

Adhitya G N. Transisi revolusi edukasi 4.0 di kala pandemik covid-19. In: Wulandari N, et al, editors. Impresi Studi Kala Pandemi. Yogakarta: Respati Press; 2020: p. 11-15.

Huff H. Prose poetry: What’s the point?. Notes of Oak (blog on the Internet). (Place unknown): (Publisher Unknown): 2021 – (cited 2022 May 6). Available from: https://notesofoak.com/discover-literature/prose-poetry-what-is-the-point/.

Tungka N F. Teknik penguasaan English vocabulary dalam pembelajaran Bahasa Inggris. MLS. 2010. 3(1): 51-56. Available from:http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MLS/article/download/71/64.

Oktofa N. 5 hal yang harus guru lalukan supaya siswa aktif di kelas. Aku Pintar (blog on the Internet). (Place unknown): (Publisher Unknown): 2021 – (cited 2022 May 7). Available from: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/5-hal-yang-harus-guru-lakukan-supaya-siswa-aktif-di-kelas.

Adhitya G N. et. al. Penulisan konten kreatif dalam strategi promosi dan pemasaran digital untuk meningkatkan rekognisi dan penjualan produk Kald.ID. Prodising Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu. 2021. 3(1): 92-103. Available from: http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/352.

Khansir A A. Teaching poetry in the ELT classroom. International reviews of social sciences and humanities. 2012. 3(1): 241-245. Available from: https://web.archive.org/web/20180410073949id_/http://irssh.com/yahoo_site_admin/assets/docs/24_IRSSH-288-V3N1.131231639.pdf.

Chisholm A A. The encyclopædia britanica: A dictionary of arts, sciences, literature and general information. 11th ed. XIII:1. New York: Encylopædia Britanica Inc; 2012. Available from: https://web.archive.org/web/20180410073949id_/http://irssh.com/yahoo_site_admin/assets/docs/24_IRSSH-288-V3N1.131231639.pdf.

Blackwood M. Figurative language: Essential basics and where they can be observed. The Word Point (blog on the Internet). (Place unknown): (Publisher Unknown): 2021 – (cited 2022 May Available from: https://thewordpoint.com/blog/figurative-language.

Kong F. On the effectiveness of applying english poetry to extensive reading teaching. Journal of Language Teaching and Research. 2010. 1(6): 981-921. Available from: https://doi.org/10.4304/jltr.1.6.918-921.

Wollacott M. What is the function of meter in poetry?. Language Humanities (blog on the Internet). (Place unknown): (Publisher Unknown): 2022 – (cited 2022 May 9). Available from: https://www.languagehumanities.org/what-is-the-function-of-meter-in-poetry.htm.

Adam B. How to Rap: The art & science of the hip-hop mc. Illionis: Chicago Review Press;2009.


Abstract View: 255, PDF Download: 129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.