Penyusunan Media Edukasi Tentang Pengurangan Sampah di Kantin pada Anak Sekolah

Sukismanto, Aditya Yudha Prawira, Sri Kadaryati, Yunita Indah Prasetyaningrum

Abstract


Perilaku konsumsi anak di sekolah menjadi salah satu penyumbang penimbulan sampah di sekolah. Proses pengelolaan sampah di SMP N 4 Depok, khususnya sampah dari kantin, telah ada kebijakan yang disepakati bersama antara sekolah dengan penyedia layanan kantin sehingga sampah dapat diminimalkan. Perilaku anak lebih menyukai produk yang enak, bersih, dan cepat, sehingga banyak yang masih memilih penggunaan produk tempat makanan dan minuman sekali pakai. Upaya pengurangan sampah yang bersumber dari aktivitas kantin perlu dilakukan dengan media edukasi yang sesuai. Poster yang disusun oleh tim pengabdi dengan masukan dan evaluasi bersama guru sekolah, pengelola kantin, komite sekolah dan siswa, menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai media edukasi pengurangan sampah. Materi yang disampaikan dalam poster berupa gambar anak sekolah yang bersedia membawa sendiri tumbler untuk kebutuhan saat membeli makanan dan minuman di kantin, informasi manfaat yang diperoleh dengan melakukan pengurangan sampah, serta bahaya menghasilkan sampah plastik pada makanan. Masukan dari masyarakat sekolah bahwa poster yang dikembangkan dapat segera digunakan untuk sosialisasi terhadap informasi yang disampaikan dan dapat dilaksanakan bersama-sama, dengan disertai kebijakan dari sekolah, sehingga dapat mengurangi atau meniadakan sumber sampah plastik yang bersumber dari wadah pangan sekali pakai.

Keywords


poster; media edukasi; sekolah; sampah plastik; tumbler

Full Text:

PDF

References


Sukismanto, Kadaryati S, Prasetyaningrum YI. Buku Saku sebagai Media Edukasi Kesehatan Lingkungan di Sekolah pada Masa Pandemi. Pros Semin Nas Multidisiplin Ilmu [Internet]. 2021;3(1):211–4. Available from:http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/368

Undang-undang No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. 2008.

Hastini LY, Fahmi R, Lukito H. Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? J Manaj Inform. 2020;10(1):12–28.

Barik AL, Purwaningtyas RA, Astuti D. The Effectiveness of Traditional Media (Leaflet and Poster) to Promote Health in a Community Setting in the Digital Era: A Systematic Review. J Ners. 2019;14(3):76.

Masrida R. Kajian Timbulan dan Komposisi Sampah sebagai Dasar Pengelolaan Sampah di Kampus II Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. J Env Eng Waste Manag. 2017;2(2):69–78.

Icek A. The Theory of Planned Behavior Organizational Behavior and Human Decision Processes. Organ Behav Hum Decis Process. 1991;50(2):179–211.


Abstract View: 187, PDF Download: 207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.