Penyuluhan Pengelolaan Dan Praktik Penerapan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Pemanfaatan Sampah

Endang Susilowati,Ayu Amalya Larasyanti, Dhamma Pujianto Simbung,Alya Nurul Istik homa,Ermin Lidya Yembise,Fika Lilik Indrawati

Abstract


Sampah merupakan akibat dari adanya aktivitas manusia. Belum dilakukan pengelolaan sampah skala rumah tangga di Dusun Mojosari disebabkan belum adanya pemilahan sampah organik adan anorganik, kurangnya pemahaman warga Dusun Mojosari tentang pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga, dan belum ada daur ulang sampah. Tujuan dari pengabdian masyarakat untuk mengetahui wawasan warga Dusun Mojosari tentang pengelolaan sampah rumah tangga. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan untuk melakukan penyuluhan tentang pengelolaan sampah rumah tangga dengan penyampaian materi kepada warga dilakukan dengan menggunakan ceramah langsung dan melakukan pelatihan dalam pemilahan sampah dengan mengumpulkan warga di lapangan senam untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemilahan sampah dengan cara mendaur ulang sampah botol air minum menjadi pot tanaman. Pelatihan pemilahan sampah dengan menggunakan 2 tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik, sampah sayur-sayuran, sampah botol plastik. Sedangkan untuk praktik mendaur ulang sampah dilakukan dengan menggunakan 1 botol air minum bekas dan gunting. Penyuluhan tentang pengelolaan sampah, praktik pemilahan sampah, dan daur ulang sampah dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 26 Juni 2022 pukul 08.30 WIB yang diikuti oleh 50 peserta. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa warga Dusun Mojosari sudah memahami tentang pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, dapat melakukan praktik pemilahan sampah yang benar, dan melakukan daur ulang sampah yang benar. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah mencapai target peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah yang benar, dapat melakukan pemilahan sampah yang benar, dan melakukan daur ulang sampah dengan benar.

Keywords


penyuluhan; pemilahan; daur ulang; sampah

Full Text:

PDF

References


Qamari M Al, Manik JR, Kabeakan NTMB. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Peningkatan Pendapatan pada Kelompok Ibu-Ibu Asyiyah. J Has Pengabdi Kpd Masy.2019;4(3):48–54.

Riswan, Sunoko HR, Hadiyarto A. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Kecamatan Daha Selatan. J Ilmu Lingkung. 2011;9(1):31–9.

Hutabarat BTF, Ottay RI, Siagian I. Gambaran Perilaku Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Padat di Kelurahan Malalayang II Kecamatan Malalayang Kota Manado. J Kedokt Komunitas dan Trop. 2015;3(1):41–7.

Hasibuan R, Syafaruddin. Problematika Kesehatan dan Lingkungan di Bumi Melayu. Medan: CV Merdeka Kreasi Group; 2021.

Nurriyatiningrum et al. Menumbuhkan Geliat Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Program Ekonomi Kreatif. Semarang: CV Anagraf Indonesia; 2022.

Adiprasetyo T, Hermawan B, Herman W. Sosialisasi Pengelolaan Sampah Organik Di Kelurahan Beringin Raya Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. J Pengabdi Kpd Masy Dewantara.2019;2(2):22–7.

Haryadi RN, Anda Rojali, Khumidin, M. Fauzan. Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. J Pengabdi Masy Madani. 2021;1(1):10–6.

Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul No. 14. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. 2020.

Mardhia D, Wartiningsih A. Pelatihan Pengolahan Sampah Skala Rumah Tangga Di Desa Penyaring. J Pendidik dan Pengabdi Masy. 2018;1(1):88–96.

Andina E. Analisis Perilaku Pemilahan Sampah di Kota Surabaya. Aspir J Masal Sos.2019;10(2):119–38.


Abstract View: 89, PDF Download: 82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.