Pemanfaatan Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Penerangan Di Seyegan Sleman

Evrita Lusiana Utari, Agus Qomaruddin Munir, Desty Ervira Puspaningtyas

Abstract


Dalam perkembangan teknologi saat ini, otonomi daerah menuntut pemerintah daerah dapat memberdayakan potensi alam sebagai modal pembangunan. Potensi daerah yang asri dari lingkup kota, kabupaten, hingga yang terkecil yaitu desa, mulai dikenalkan demi meningkatkan pengetahuan. Salah satu desa yang memiliki keistimewaan yaitu kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman yang memiliki Luas ± 500 Ha dengan Jumlah penduduk hingga akhir bulan Desember 2007 sebanyak 8.575 jiwa dengan sumber daya alam yang meliputi lahan pertanian yang subur, perikanan, usaha kecil berupa pembuatan genting, pengembangan bumi perkemahan dan budaya yang dapat diberdayakan dimasyarakat. Salah satu pemberdayaan masyarakat dengan pengembangan teknologi ramah lingkungan yang dapat dimanfaatan masyarakat untuk membantu penerangan di desa. Pengenalan teknologi ramah lingkungan ini dimanfaatkan sebagai pengganti listrik apabila terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Dimana metode yang digunakan meliputi sosialisasi kegiatan dengan menjelaskan tentang tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan. Selanjutnya kegiatan pelatihan meliputi pengenalan peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam perancangan produk. Pengenalan produk berupa Box Panel, Solar Charge Controler, Aki, Lampu, Solar Panel. Selanjutnya metode perancangan alat dengan hasil produk tepat guna berupa Solar Panel yang diaplikasikan untuk penerangan jalan sebanyak 1 unit solar panel meliputi solar panel dengan kapasitas 50 WP berjumlah 1 buah dengan lampu 3 Watt sebanyak 4 buah. Dimana luaran dari kegiatan pengabdian ini berupa produk penerangan dengan energi surya beserta instalasi lengkap dengan tiang dan penyimpan daya serta buku ajar dengan judul perancangan solar panel.

Keywords


Teknologi Ramah Lingkungan; Solar Panel; Seyegan

Full Text:

PDF

References


Burkart AJ, Medlik S.1986. Tourism: Past, Present, and Future. London.

Bachtiar M, 2006, Prosedur Perancangan Pembangkit listrik Tenaga Surya Untuk Perumahan (Solar Home System), Jurnal Smartek, Vol. 4, No. 3.

El Utari,L Listyalina, N Irawati, 2019 Aplikasi Teknologi Tepat Guna Melalui Pemanfaatan Energi Terbarukan Untuk Penerangan Dan Pengembangan Wisata Watu Tekek Kulonprogo Dharmakarya 8 (3), 140-144.

Kotler P, Keller KL.2012. Marketing Management Edisi 14 Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Ltd

Hidayat, Marceilla, 2011, Strategi Perencanaan dan Pengembangan Obyek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat), Jurnal Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol I No 1 Hal. 33-44.

Timotus C, Ratnata W.I, Mulyadi Y, Mulyana E,2009, Perancangan dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Laporan Hibah Penelitian Kompetitif, Bandung.

Utari EL, Mustiadi I, Winardi S, 2018, Penyuluhan &Aplikasi Energi Terbarukan (Solar Cell) Guna Memenuhi Kebutuhan Energi Alternatif Pengganti Listrik Di Wilayah Dusun Nglinggo Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Universitas Respati Yogyakarta Vol. 1 No. 1 (2022)

Widayana, Gede, Pemanfaatan Energi Surya, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan JPTK, Fakultas Teknik & Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.9, No 1 Januari 2012 Hal 37-46

L Listyalina, E Susilo, Y Yudianingsih, EL Utari, I Buyung, Pengaruh Tegangan dan Arus di Pengambilan Data Waktu Cahaya Matahari pada Perancangan Kontrol Intensitas Lampu Jalan Otomatis Tenaga Surya, Jurnal Respati 16 (3), 76-79

Evrita Lusiana Utari, Ikhwan Mustiadi dkk, Perancangan Sistem Slar Panel, Respati Press, 2022


Abstract View: 300, PDF Download: 128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.