Perancangan dan Optimalisasi Instagram sebagai Media Branding dan Promosi Desa Wisata Bugisan

Apriliana Hapsari, Yanus Purwansyah Sriyanto, Pegita Rianinda Putri

Abstract


Desa Bugisan adalah salah satu desa wisata yang unik dan menjadi andalan Kabupaten Klaten.Desa ini dikenal karena masih mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal Jawa. Masyarakat Bugisan masih mempertahankan kesenian trdisional asli Bugisan, seperti gejog lesung, gamelan, dan tari jathilan. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang tahu tentang Desa Wisata ini. Pemerintah desa dan pengelola Desa Wisata Bugisan sudah melakukan beberapa lankah promosi melalui website dan media sosial sejak tahun 2019. Namun, usaha tersebut belum mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Desa Wisata Bugisan. Berdasarkan observasi dan survei lapangan di Desa Wisata Bugisan, dapat disimpulkan bahwa terdapat dua masalah utama yang dihadapai oleh Desa Wisata Bugisan: (1) Kurang efektifnya strategi branding dan promosi dan (2) Kurangnya ketrampilan warga membuat konten di instagram. Dari dua permasalahn utama ini, kami mengusulkan beberapa kegiatan dan pelatihan, yaitu: (1) Sosialisasi tentang pentingnya Desa Wisata dan Branding Desa Wisata, (2) Pelatihan pembuatan konten di Instagram yang terdidri dari pelatihan fotografi, desain, penulisan konten, dan (3) Pelatihan Pengelolaan Instagram yang tepat dengan cara menyusun kurikulum media sosial. Pelaksanaan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah engagement di Instagram dengan ditandai adanya kenaikan jumlah follower Instgram Desa Wisata Bugisan. Secara langsung bentuk promosi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan perekonomian masyarakat di Desa Wisata Bugisan.

Keywords


Desa Wisata Bugisan; Instagram; branding

Full Text:

PDF

References


Adhitya, G. N. , et. al. Penulisan Konten Kreatif dalam Strategi Promosi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Rekognisi dan Penjualan Produk Kald.ID. Prodising Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu; 2021. 3 (1): 92-103. http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/352

Scott, David Meerman. The New Rules of Marketing and PR. New Jersey: John Wiley & Sons Inc; 2009

Poppy Rulina. Komunikasi Organisasi, Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Persada;2018

Purbasri, N., and Manaf, A. Karakteristik Elemen Sistem Pariwisata Ekowisata Desa Wisata Nglanggeran dan Wisata Desa pada Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota; 2017. Vol. 12, No. 1, p. 100-113.

Rhenald Kasali. Manajemen Public Realtions, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Garfiti; 2006.

Shaw, M. Copywriting Second Edition: Sucessful Writing for Design, Advertising, and Marketing. Laurence King Publishing; 2012.

Spillane, R.G. Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata sebagai Sistem Linkage. Jakarta: PT Gramedia Pustaka; 1996.

Sunaryo, Bambang. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media; 2013.

Winne, W., et. al Pengembangan Promosi Melalui Copywriting di Media Sosial oleh Karang Taruna Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Community Development Journal; 2020. 3 (1): p. 233-239.

Zulkifly, H. Z. & Firdaus, N. Persuasion and The Online Consumers: Investigating Copywriting Strategis in Native Advertisement. International Journal of Social Science Humanity; 2014. 4(6) p. 430.


Abstract View: 157, PDF Download: 115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.