Efektivitas Intervensi Keperawatan Komunitas untuk Mengatasi Manajemen Kesehatan Tidak Efektif Pada Anak usia Sekolah dengan Masalah Penggunaan Gadget di Dusun Pondok I Widodomartani, Ngemplak, Sleman

Authors

  • Fajarina Lathu Asmarani
  • Endang Nurul Syafitri
  • Melania Wahyuningsih

Keywords:

Anak Usia Sekolah; Gadget; Intervensi Keperawatan

Abstract

Penggunaan gadget pada anak usia sekolah terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi
yang pesat. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia menunjukkan lebih dari
60% anak-anak di usia sekolah rutin menggunakan gadget, dengan durasi penggunaan yang sering
kali melebihi batas rekomendasi dari World Health Organization. Dampak dari penggunaan gadget
yang berlebihan terhadap kesehatan anak-anak mencakup gangguan fisik, psikologis, dan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas intervensi keperawatan komunitas dalam
mengatasi manajemen kesehatan tidak efektif pada anak usia sekolah dengan masalah penggunaan
gadget di Dusun Pondok I, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Metode yang digunakan adalah
action research dengan 34 anak sebagai subjek penelitian. Intervensi melibatkan pendidikan
kesehatan, skrining kesehatan mata, dan rujukan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman
mengenai dampak penggunaan gadget, penurunan durasi penggunaan gadget yang berlebihan, dan
perubahan perilaku anak dalam mengelola gadget. Saran dan rekomendasi meliputi pendidikan
kesehatan yang konsisten, pendekatan terpadu dengan orang tua, dan kolaborasi antara tenaga
kesehatan, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh
kembang anak secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(1) Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi Dan

Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Journal Of Islamic Education Policy, 8(2).

(2) Wulandari, H., & Santoso, M. B. (2019). Proses Parental Mediation Terhadap Anak Usia

Prasekolah Dalam Menggunakan Gadget. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 213-226.

(3) Andika, I. G. P. Hubungan Antara Durasi Penggunaan Smartphone Dengan Penurunan

Pengelihatan Pada Anak Sekolah Dasar Di Sd Negeri 5 Penatih.

(4) Ginting, Meilinia Diakonia. (2019). Penggunaan Telepon Genggam Pada Masyarakat Di

Wilayah Perbatasan (Survei Pada Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang

Berbagai, Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Pikom, 20 (1), 58–69

(5) Https://Www.Bps.Go.Id/Id

(6) Putri, N. A. R., Shovmayanti, N. A., & Ardiansyah, A. (2024). Edukasi Literasi Digital Dalam

Penggunaan Smartphone Siswa Kelas V Seklah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten.

Wasathon Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 9-14.

(7) Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.

(8) Ratnaningsih, A., Ramadhani, A. P., Afanti, L., Nugroho, A. W., & Pamungkas, T. Y. (2024).

Sosialisasi Bahaya Game Online Terhadap Anak Di Kelurahan Lugosobo Kecamatan Gebang

Kabupaten Purworejo. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1456-1465.

(9) Pebriani, M., & Darmiyanti, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak

Usia Dini Dan Tinjauan Dari Psikologi Perkembangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3),

-9.

(10) Khaira, A. A., Aisyah, G., Dewi, H. N. K., Aulia, R. A., & Laksana, A. (2024). Pengaruh Media

Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal Pada

Remaja. Tuturan: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 357-366

(11) Ppni. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (Sdki)

(12) Widanarti Setyaningsih, S. K., Nurlinawati, N., Kep, M., Tamrin, N., Kep, M., Kom, S. K., ...

& Soep, S. K. (2024). Buku Ajar Keperawatan Komunitas Ii. Mahakarya Citra Utama Group.

(13) Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia

Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.

(14) Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak

Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal Of Gender Studies, 13(1), 116-152.

(15) Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game

Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X Smk Ketintang

Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8(2), 261-272.

(16) Boiliu, F. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi

Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0. Real

Didache: Journal Of Christian Education, 1(1), 25-38.

(17) Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022).

Peran Orang Tua Dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425-5436.

(18) Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2).

(19) Hanipudin, S., Mulyani, S., Subki, T., & Habib, M. (2024). Edukasi Orangtua Terhadap Bahaya

Gadjet Bagi Anak Di Desa Segaralangu. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 148-156.

(20) Isdiyantoro, M. J., & Maftuhah, A. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia

Dini Saat Penggunaan Gadget Di Ra Masyithoh Xv Pangenjurutengah. Al Athfal: Jurnal Kajian

Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(1), 58-68.

(21) Fathoni, A., Prasodjo, B., Jhon, W., & Zulqadri, D. M. (2023). Media Dan Pendekatan

Pembelajaran Di Era Digital: Hakikat, Model Pengembangan & Inovasi Media Pembelajaran

Digital.

(22) Berlianti, N. A., Hayati, N., Afâ, N., Manasikana, O. A., & Wijayadi, A. W. (2021).

Sosialisasi resiko paparan radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh

smartphone terhadap pertumbuhan otak anak. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat),

(2), 663-670.

(23) Simanjuntak, M. (2019). More Than Just A Game. Tangerang: Yayasan Pelikan.

(24) Azkia, N. (2022). 7 Formula Baru Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Nadaa Azkia.

(25) Dewy, T. S., Juniawan, H., & Fitriani, F. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Cognitive

Behavioral Therapy (Cbt) Terhadap Tingkat Kecanduan Gadget Pada Remaja Usia 12-16 Tahun

Di Smpn 8 Satap Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022. Dunia Keperawatan: Jurnal

Keperawatan Dan Kesehatan, 11(1), 63-72.

(26) Betan, A., Sofiantin, N., Sanaky, M. J., Primadewi, B. K., Arda, D., Kamaruddin, M. I., & Am,

A. M. A. (2023). Kebijakan Kesehatan Nasional. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2025-01-06