Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Komplementer Berdasarkan Jenis Pelayanan

Dewi Setyaningsih, Almira Gitta Novika, Marseli Dwi Angelika

Abstract


Pada saat ini semakin banyak orang yang mulai beralih ke terapi komplementer sebagai tambahan
terhadap pelayanan kesehatan konvensional. Termasuk dalam pelayanan kebidanan, pelayanan
komplementer dan alternatif telah menjadi bagian penting dari praktik pelayanan kebidanan.
Dengan semakin berkembangnya pelayanan komplementer dalam pelayanan kebidanan, harus
didukung dengan semakin tingginya mutu pelayanan. Salah satu pendekatan yang dapat
digunakan untuk mengukur mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Tujuan penelitian: untuk
mengetahui hubungan jenis pelayanan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan komplementer.
Metode Penelitian: Desain penelitian dalam penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini
dilakukan di Wilayah Puskesmas Ngaglik I dan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan
Oktober 2023. Jumlah sampel adalah 30 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan
kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah univariate dan bivariate menggunakan fisher’s
Exact test. Hasil Penelitian: mayoritas responden (66,7%) baru mendapatkan 1 jenis pelayanan
komplementer, mayoritas responden (80%) merasa cukup puas terhadap pelayanan komplementer
dan tidak ada responden yang menyatakan kurang puas dan tidak ada hubungan antara jenis
pelayanan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan komplementer.


Keywords


Kepuasan Pasien; Komplementer; Bidan

Full Text:

PDF

References


Wahidin WW, Martini TM, Ajeng AAJI. Analisis Pengetahuan Masyarakat Dan Bidan Bpm Terhadap Pengembangan Layanan Kebidanan Komplementer Terintegrasi Di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. 2019;3(1).

Novika AG, Setyaningsih D, Masruroh M, Centaury R. Faktor-Faktor yang Mendasari Pelayanan Komplementer pada Kehamilan. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan.2023;6(1):38-45.

Altika S, Kasanah U. Survei Implementasi Pelayanan Kebidanan Komplementer Dalam Mengurangi Intervensi Medis. Community of Publishing In Nursing. 2021;9:15-20.

Setyaningsih D, Novika AG, Safety H. Implementasi Terapi Komplementer Dalam Asuhan Antenatal di PMB (Praktik Mandiri Bidan) Wilayah Puskesmas Ngaglik Kabupaten Sleman. 2020.

Gavurova B, Dvorsky J, Popesko B. Patient satisfaction determinants of inpatient healthcare. International journal of environmental research and public health. 2021;18(21):11337.

Muninjaya AAG. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. 2 ed. Jakarta: EGC; 2015.

Pradana F. Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis. 2018;9(2):193-212.

Lubis K, M Ramadhanti, Putri I, Fathia Rizki, Fajrin I, Prastiwi RS. Pelayanan Komplementer Kebidanan. Bandung: Kaizen Media Publishing; 2023.

Asamrew N, Endris AA, Tadesse M. Level of patient satisfaction with inpatient services and its determinants: a study of a specialized hospital in Ethiopia. Journal of environmental public health. 2020;2020.

Pallivalappila AR, Stewart D, Shetty A, Pande B, McLay JSJE-Bc, medicine a. Complementary and alternative medicines use during pregnancy: a systematic review of pregnant women and healthcare professional views and experiences. 2013;2013.

Altika S, Kasanah U. Survei Implementasi Pelayanan Kebidanan Komplementer Dalam Mengurangi Intervensi Medis. Community of Publishing In Nursing. 2021;9:15-20.

Indrasari M. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press; 2019.


Abstract View: 23, PDF Download: 7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.