Komunikasi Personal dalam Pemasaran UMKM Pasar Rebo Miliran Yogyakarta

Bambang Srigati, Mohammad Solihin, Umar Basuki, Anisya Fujila

Abstract


Komunikasi personal mencakup interaksi langsung antara pemilik UMKM dan calon pelanggan,
pelanggan yang sudah ada, serta pihak terkait lainnya. Komunikasi personal memiliki potensi
besar untuk membangun hubungan yang kuat antara UMKM dan pelanggan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendalami tentang bagaimana UMKM Pasar Rebo Miliran Yogyakarta
mengelola komunikasi personal dalam pemasaran mereka. Selain itu, penelitian ini juga dapat
memberikan kontribusi pada literatur pemasaran khususnya dalam konteks UMKM, serta
memberikan dasar bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif di masa depan.
Menggunakan paradigma post-positivistik dalam penelitian ini dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan komunikasi personal yang
terjadi antara pelaku UMKM Pasar Rebo Miliran Yogyakarta dan calon pembeli atau pelanggan
dapat mempengaruhi efektivitas pemasaran serta dapat mempengaruhi kepercayaan dan loyalitas
pelanggan terhadap UMKM.


Keywords


Komunikasi Personal; Komunikasi Pemasaran; UMKM; Pasar Rebo Miliran

Full Text:

PDF

References


Purnamasari NI. Komunikasi Partisipatif pada UKM Goes Digital (Studi deskriptif kualitatif di UKM Lidiah Art dan Bandeng Darmono) [Internet]. Universitas Islam Indonesia; 2018.Available from: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/12754/BAB1.pdf?isAllowed=y&sequence=2

Arifin NA, Djamereng A, Musi S. Strategi Komunikasi Pemasaran Event Organizer PT. Tiga Production Dalam Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan. J Washiyah. 2020;1(3).

Limanseto H. UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia [Internet]. Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 2021 [cited 2023 Dec 26]. Available from:https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Beni S, Asmara AP, Lisias C, Yeni EY. Analisis Penguatan Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Media Sosial Dalam Mempertahankan UMKM Di Era New Normal. Inov Pembang – J KELITBANGAN. 2022;10(2).

Tambunan CR. Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Fajarharapan.id. 2023.

Nursyifani A, Sijabat YP. Upaya Peningkatan UMKM Berbasis Inovasi Dan Kreativitas Di Masa Pandemi. J Econ. 2021;IX(2).

GGI Insights. Interpersonal Communication: Foundations and Strategies [Internet]. Gray Group International. 2023 [cited 2023 Nov 30]. Available from:https://www.graygroupintl.com/blog/interpersonal-communication

Liliweri A. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Prenada Media; 2017.

Agustine N, Kusumaningrum R, Nurkinan. Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Makanan atMochi_Momi dalam Promosi Melalui Instagram. Innov J Soc Sci Res.2023;3(3).

Hayati Z, Paramita EP, Yohanes YTS. Strategi Komunikasi Pemasaran NTB Mall Dalam Memasarkan Produk UMKM Lokal NTB. J Ilm Mhs Komun. 2023;4(1).

Hardani D. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu;2020.

mujamujukel.jogjakota.go.id. Gambaran Umum. 2023.

Anggraini C, Ritonga DH, Kristina L, Syam M, Kustiawan W. Komunikasi Interpersonal. J Multidisiplin Dehasen. 2022;1(3).

Sangadji, E.M S. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset; 2013.

Panuju R. Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media; 2019.


Abstract View: 28, PDF Download: 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.