PENGARUH BIBLIOTERAPI TERHADAP STRES HOSPITALISASI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Endang Lestiawati, Listyana Natalia R, Ida Ayu Putri Prami Dewi

Abstract


Anak yang di rawat di rumah sakit makin meningkat setiap tahunnya. Sakit dan di rawat di rumah sakit meripakan krisis utama yang terjadi pada anak. Selama hospitalisasi anak mendapat pengalaman yang sangat traumatic dan penuh dengan stress. Oleh karna itu digunakan terapi dengan penggunaan buku bacaan yang disesuaikan dengan keadaan anak yang disebut dengan biblioterapi. Dimana biblioterapi digunakan untuk mengurangi stress yang di alami anak selama hospitalisasi. Tujuan studi ini ntuk mengetahui pengaruh biblioterapi terhadap stress hospitalisasi pada anak usia sekolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan one group pre and posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner untuk mengukur stress hospitalisasi pada anak. Teknik analisa data menggunakan uji beda paired sample t-test. Rata-rata stress hospitalisasi pada anak sebelum diberikan biblioterapi adalah 10.50 dan setelah diberikan biblioterapi adalah 6.05, dengan hasil uji bivariat didapatkan nilai (p-value 0.000 < 0.05). Ada pengaruh biblioterapi terhadap stress hospitalisasi pada anak usia sekolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Kata kunci: biblioterapi, stres hospitalisasi, anak usia sekolah


The number of children getting hospitalized is increasing every year. Being sick and getting hospitalized is a major crisis for children. During hospitalization, children get a very traumatic and stressful experience. Therefore, a therapy can be given using reading books that are adapted to the children’s condition, this is called bibliotherapy. Bibliotherapy is used to reduce stress while the children are being hospitalized. Aim of this study is to determine the influence of ibliotherapy on hospitalization stress in school-aged children at ‘Panembahan Senopati’ General Hospital, Bantul.This is a quasi-experimental research with a one group pretest and posttest design. The samples are taken using a consecutive sampling, resulting in 18 respondents selected. The research instruments used are questionnaires to assess hospitalization stress in school-aged children. The analysis technique used is the paired sample t -test. The average hospitalization stress in children before bibliotherapy is given is 10.50 and after bibliotherapy, the average stress level is 6.05, results of a bivariate test show a p-value of 0.000 < 0.05. There is an influence of bibliotherapy on hospitalization stress in school-aged children at ‘Panembahan Senopati’ General Hospital,Bantul.


Keywords: bibliotherapy, hospitalization stress, school aged children



Full Text:

PDF

References


Apriliawati, A. 2011. Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rumah Sakit Islam Jakarta. Tesis. Depok : Fakultas Ilmu Keperawaran Universitas Indonesia

Badan Pusat Statistik. 2015. Profil Anak Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP&PA)

Nursalam, Dkk. 2008. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk perawat dan bidan).Jakarta: Selemba Medika

Wong, D.L., Hockenberry, M., Wilson, D., Winkelsein, M.L. & Schwartrz, P. 2009. Buku ajar keperawatan pediatric Wong. (Volume 2, Edisi 6, Andry Hartono, dkk, penerjemah).

Jakarta: EGC

Wulandari & Erawati. 2016. Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Adriana. 2013. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada anak. Jakarta: Salemba Medika

Herlina. 2013. Bibliotherapy: Mengatasi Masalah Anak dan Remaja melalui Buku. Bandung : Pustaka Cendekia Utama

Purbondari, A.N. 2015. Pengaruh Terapi Musik Audiovisual Terhadap Stres HospitalisasiPada Anak Usia 6-8 Tahun Di RSPAU Harjolukito Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta

Nelson. 2013. Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : EGC

Masulili, F., Allenidekania, Hastono, S.P. 2013. Metode Bimbingan Imajinasi Rekaman Audio untuk Menurunkan Stres Hospitalisasi pada Anak Usia Sekolah di Rumah Sakit di Kota Palu. Jurnal Makara Seri Kesehatan. DOI: 10.7454/msk.vl7i2.xxx.

Potter, P. A & Perry, A.G. 2010. Fundamental Keperawatan Edisi 7 Vol 3. Jakarta : EGC

Setyoadi & Kushariyadi. 2011. Terapi Modalitas Keperawatan Pada Klien Psikogeriatrik. Jakarta: Salemba Medika

Apriza. 2017. Pengaruh Biblioterapi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Obsesi. Riau : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Trihantoro, Hidayat, & Chanum. 2016. Pengaruh Teknik Biblioterapi Untuk Mengubah Konsep Diri Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanggerang).

Yudianto, A & Fitriyah, L. 2010. Pengaruh Terapi Bermain : Biblioterapi Terhadap Penurunan Respon Maladaptif Pada Anak Usia Prasekolah Setelah Dipasang Infus. Jurnal Edu Health Vol 1 No 1

Hartini, S & Prasiska, Y.R. 2015. Pengaruh Biblioterapi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Saat Pemasangan Infus Di RS Telegorejo Semarang. Jurnal. Semarang : Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang


Abstract View: 834, PDF Download: 810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.