HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA PUTRI

Siti Kholifah, Wahyu Rochdiat

Abstract


Masa remaja adalah masa usia ketika anak menjadi lebih berkonsentrasi pada bentuk tubuh. Kondisi fisik remaja putri sering dikaitkan dengan status gizi, dimana status gizi menentukan harga diri remaja putri. Harga diri yang rendah dapat mengakibatkan depresi, bunuh diri, anoreksia nervosa, kenakalan remaja dan masalah kejiwaan lainnya. Belum cukup banyak penelitian tentang harga diri pada remaja putri. Studi pendahuluan di salah satu SMA di Yogyakarta, menunjukkan 11 siswi merasa malu dan minder karena memiliki berat badan yang tidak normal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan harga diri pada remaja putri. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelational dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling dengan jumlah responden 109 orang. Uji statistic yang digunakan untuk membuktikan hasil penelitian ini adalah uji Kendall’s Tau. Hasil uji statistic dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara status gizi dengan harga diri pada remaja putri dengan nilai p value sebesar 0,000 (p < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,353. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswi yang mempunyai status gizi lebih dari normal memiliki harga diri yang lebih rendah.

Kata Kunci : Harga diri, Status Gizi, Remaja putri


Teenage girls become focus to their body when they had their puberty. Body shape in teenage girls is often connected to nutritional status, wher e it will determine their self-esteem. Low self esteem can cause depression, commit suicide, anorexia nervosa, delinquency and other mental health problems. Not enough research about self-esteem in teenage girls in Yogyakarta. Based on the preeliminary study in one of high junior school at Yogyakarta showed that 11 students found that they felt ashamed because they had abnormal weight and they wanted to have normal weights like their other friends. The purpose in this research is to find the correlation bet ween nutritional status and self-esteem in teenage girl. The research design was correlational descriptive with cross sectional approach. The sampling techniques that was used is stratified random sampling with the amount of respondents were 109 people. Kendall’s Tau’s test was used to prove hypothesis in this research. The statistic test result in this research showed significant correlation between nutritional status and self-esteem in teenage girls with p value 0.000 (p < 0.05) and correlation coefficient is -0.353. So it can be concluded with teenage girls who have higher nutritional status (obesity) have lower self-esteem.

Keywords: Self esteem, Teenage girls, Nutritional status



Full Text:

PDF

References


Prameswari S, Aisah S, Mifbakhuddin. Hubungan Obesitas Dengan Citra Diri Dan Harga Diri Pada Remaja Putri Di Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Semarang. J Keperawatan Komunitas. 2013;1(1).

Adriani, Merryana, Wirjatmadi. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana Penanda Media Group; 2012.

Padriyani SO, Sulastri D, Syah NA. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar pada Siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang Tahun Ajaran 2013/2014. J Kesehat Andalas. 2014;3(3).

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kemenkes RI; 2013.

Imelda. Hubungan Obesitas Dengan Hubungan Sosial Remaja Di SMK Ma’arif Nu 04 Pakis Kabupaten Malang. Jurnal. 2016;1(1).

Nurvita V, Handayani. Hubungan Antara Self-Esteem dengan Body Image pada Remaja Awal yang mengalami Obesitas. J Psikologis Klin dan Kesehat Ment. 2015;4(1).

Santrock JW. Remaja. 11th ed. Jakarta: Erlangga; 2007.

Supariasa D, Bakri B, Fajar I. Penilaian Status Gizi. 2nd ed. Jakarta: EGC; 2016.

Aini SN. Faktor Resiko Yang Berhubungan Dengan Gizi Lebih Pada Remaja Di Perkotaan. J Univ Negeri Semarang. 2013;2(1).

Murni SS. Perbedaan Asupan Energi Makanan Jajanan dan Status Obesitas Berdasarkan Status Ekonomi Keluarga pada Siswa SDN Sambiroto 01 Kota Semarang. J Univ Muhammadiyah Semarang. 2016;5(1).

Suryani N, Anwar R, Wardani HK. Hubungan Status Ekonomi dengan Konsumsi Buah, Sayur dan Pengetahuan Gizi terhadap Status Gizi pada Siswa SMP di Perkotaan dan Pedesaan di Kotamadya Banjar Baru Tahun 2014. J Kesehat Indones. 2015;5(3).

Moha MK, Bidjuni H, Lolong J. Hubungan Obesitas dengan Harga Diri pada Remaja di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. J Keperawatan Univ Sam Ratulangi Manad.2017;5(1).

Putu FAN. Hubungan Status Gizi Remaja dengan Keteraturan Siklus Menstruasi pada Remaja Kelas XI di SMA Negeri 1 Sawan. J Pendidik Biol Undhiksa. 2016;4(2).

Yusuf NP. Hubungan Harga Diri dan Kesepian dengan Depresi pada Remaja. In: SEMINAR ASEAN 2nd PSYCHOLOGY & HUMANITY. 2016. p. 386.


Abstract View: 398, PDF Download: 418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.