PENDIDIKAN KESEHATAN 5 PILARPENATALAKSANAAN DIABETES MELITUS MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PENDERITA DIABETES MELITUS

Dewi Murdiyanti Prihatin Putri

Abstract


Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit degeneratif yang diperkirakan akan terus meningkat prevalensinya. DM berdasarkan sifat penyakitnya yang kronik dapat mengenai seluruh bagian tubuh, sehingga memerlukan pendekatan multidisipliner.Berdasarkan hasil wawancara pada studi pendahuluan di Dusun Sonosewu kepada lima orang pasien DM, didapatkan data pasien merasa kurang yakin akan kemampuannya untuk melakukan perawatan diri, seperti pemeriksaan glukosa darah mandiri, pengontrolan diet dan olah raga atau latihan fisik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan 5 Pilar Diabetes Melitus terhadap Efikasi Diri penderita DM di Dusun Sonosewu Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimentdengan desain penelitian menggunakan one group pre post test design. Hasil dan Pembahasan: Penelitian ini didapatkan nilai t-hitung sebesar -9,026 dengan P-value sebesar 0,000. Efikasi diri pasien DM berfokus pada keyakinan pasien untuk melakukan perilaku yang dapat mendukung perbaikan penyakitnya dan dapat meningkatkan manajemen perawatan dirinya. Peningkatan efikasi diri ditunjang dengan pemberian pendidikan kesehatan secara terstruktur. Kesimpulan: Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan 5 pilar penatalaksanaan DM terhadap efikasi diri penderita DM di Dusun Sonosewu Kasihan Bantul Yogyakarta.

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Diabetes Melitus, Efikasi Diri

 

Background: Diabetes Mellitus (DM) is a degenerative disease which is estimated to increase in prevalence. DM based on the nature of the disease can chronically affect all parts of the body, thus requiring a multidisciplinary approach. Based on the results of an interview on a preliminary study in Sonosewu to five DM patients, it was found that patients felt less confident in their ability to perform self-care, such as independent blood glucose examination, diet and exercise control or physical exercise. Objective: This study aims to determine the effect of health education on 5 pillars of diabetes mellitus on the self-efficacy of DM patients in Sonosewu Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Method: The research method used was Quasy Experiment with research design using one group pre post test design. Results and Discussion: This study obtained a t-count value of -9,026 with a P-value of 0,000. Self-efficacy of DM patients focuses on the patient's belief in performing behaviors that can support the improvement of his illness and can improve his care management. Increased self efficacy is supported by the provision of structured health education. Conclusion: So it can be concluded that there is an effect of 5 pillars of health education in the management of DM on the self-efficacy of DM patients in Sonosewu Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Keywords: Health Education, Diabetes Mellitus, Self Efficacy


Full Text:

PDF

References


Riskesdas. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta

Suyono, S. (2013). Kecenderungan Peningkatan Jumlah Penyandang Diabetes dalam Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu ; Panduan Penatalaksanaan Diabetes Melitus bagi Dokter dan Edukator. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Perkeni. (2015) . Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2015. Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.

Wu, S.F.V. Courtney, M., Edward, H., McDowell, J., Shortridge-Baggett, L.M., & Chang, P.J. (2007). Self-efficacy, outcome expectation, and self care behavior in peple with type diabetes in Taiwan. Journal of Clinical Nursing, 16 (11c), 250 – 257. DOI : 10.1111/j.1365-2702.2006.01930.x.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. Diperoleh dari http://www.des.emory.edu/mfp/effbook5.html

Nyunt, S.W., Nopporn, H., Nawarat, S., & Thitipat, R. (2010). Self-efficacy, self care Behaviours and Glicemyc control among Type-2 Diabetes Patient Attending Twi Private Clinics in Yangon. Myanmar. Southeast Asean. Journal Tropical Medicine Public Health,Vol.41, No.4.

Stepanovic, A.R. (2003). The Effects of Diabetes Education on Self-Efficacy and Self care (Thesis Master, University of Manitoba). University of Manitoba, Canada. Dipeoleh dari http://www.waspada.co.id/.

Basuki, E. (2013). Teknik penyuluhan diabetes mellitus. Dalam S. Soegondo, P. Soewondo, & I.Subekti (Editor), Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu : Panduan Penatalaksanaan Diabetes Mellitus bagi Dokter dan Edukator. Jakarta: FKUI.


Abstract View: 486, PDF Download: 1283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.