PENGARUH MENU PILIHAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Sri Kadaryati, Nasriyanto

Abstract


Salah satu kunci dari kualitas pelayanan yaitu kepuasan konsumen. Menu nonselective meningkatkan ketidakpuasan pasien dan juga sisa makanan. Sistem menu pilihan banyak diterapkan pada rumah sakit di Indonesia, sebagai daya tarik dalam pelayanan makan pasien. Evaluasi diperlukan untuk mengetahui efektif dan efisiennya sebuah sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh pemberian menu pilihan terhadap kepuasan pasien.Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian quasi eksperimental. Subjek dibagi menjadi menjadi kelompok menu pilihan dan menu standar. Penelitian selama enam bulan di RST Tk. II Dr. Soedjono Magelang. Pemilihan tempat dilakukan secara purposive. Pengukuran kepuasan pasien menggunakan kuesioner kepuasan. Perbedaan tingkat kepuasan antara kedua kelompok dianalisis menggunakan uji Chi Square atau Fisher Exact. Sebanyak 41% subjek menyatakan puas terhadap menu standar. Sebanyak 22% subjek menyatakan puas terhadap menu pilihan. Tidak ada perbedaan kepuasan makan antara menu pilihan dan menu standar secara keseluruhan maupun berdasarkan indikator kualitas makanan (p=0,159). Ada perbedaan kepuasan makan antara kelompok menu pilihan dan menu standar berdasarkan indikator kualitas pelayanan (p=0,001). Penerapan menu pilihan di RST Tk. II dr. Soedjono Magelang perlu mempertimbangkan kualitas makanan yang disajikan sehingga dapat mendukung kepuasan makan pasien.

Kata kunci: menu pilihan; rumah sakit; kepuasan; kualitas makanan; kualitas pelayanan; pasien


One of the keys to service quality is customer satisfaction. Nonselective menu increases patient dissatisfaction and plate waste. The selective menu system is widely applied to hospitals in Indonesia, as an attraction on food services to the patient. Evaluation is needed to know the effectiveness and efficiency of a system. This study aims to determine the effect of selective menu to patient satisfaction. There was a quasi-experimental study. Subjects are divided into selective menu and standard menu groups. Study for six months at RST Tk. II dr. Soedjono Magelang. Location was selected by purposive. Measurement of patient satisfaction using a satisfaction questionnaire. Differences in satisfaction level between the two groups were analysed using ChiSquare or Fisher Exact test. A total of 41% of the subjects expressed satisfaction with the standard menu. As many as 22% of subjects expressed satisfaction with the selection menu. There is no difference in satisfaction level between selection menu and standard menu based on food quality indicators (p=0.159). There is a difference in satisfaction level between selection menu and standard menu based on service quality indicators (p=0.001). Application of selection menu in RST Tk. II dr. Soedjono Magelang needs to consider the food quality so that it can support patient satisfaction.

Keywords: selection menu; hospital; satisfaction; food quality; service quality; patient



Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit. Jakarta : Direktorat Bina Pelayanan Medik Dasar, Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik.

Williams, P. G & K. Walton. 2011. Plate Waste in Hospital and Stategies for Change.Research Online. University of Wollongong. [Online] tersedia di http://ro.uow.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1911&context=hbspapers [Diakses pada 9 September 2014].

Djamaluddin, M., Endy P. P., & Ira P. 2005. Analisis Zat Gizi dan Biaya Sisa Makanan pada pasien dengan Makanan Biasa. Jurnal Gizi Klinik Indonesia Vol. 1, No.3:108-112.

Barton, A. D., C. L. Beigg, I. A. Macdonald & S. P. Allison. 2000. High Food Wastage and Low Nutritional Intakes in Hospital Patients. Clin Nutr 19(6): 445-449.

Zakiyah, L., Saimy I & Maimunah A. H. 2005. Plate Waste Among Hospital in Patients. Malaysian J Public Health Med Vol. 5 (2) : 19-24.

Kotler, P. & Keller, K.L., (2012) Marketing Management 14th ed., New Jersey:Pearson Education.

Puckett, R. P. 2004. Food Service Manuals for Health Care Institutions Third Edition. Chicago : Jossey Bass.

Nor, Z. M. 2010. Hospital Foodservice Directors Indentify The Importamnt Aspects When Implementing Room Service in Hospital Foodservice. Thesis. Iowa State University.

Connors, P. L & Sarah B. R. 2004. Using a Visual Plate Waste Study to Monitor Menu Performance. J Am Diet Assoc 104:94-96.

Gobel, Sri Yunanci. 2011. Menu Pilihan Diit Nasi yang Disajikan Berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan Pasien VIP di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. [Skripsi]. Yogyakarta : UGM

Dahlan, M. S. 2010. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Edisi 3 Seri Evidence Based Medicine 2. Jakarta : Salemba Medika.

Iqbal, M. 2014. Pengaruh Room Service Terhadap Kepuasan dan Daya Terima Makan Pasien. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Wiboworini, B. 2000. Pengaruh Penggunaan Menu Pilihan Berdasar Kesukaan Makan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Paviliun RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Nareswara, A. S. 2017 Hubungan Kepuasan Pasien dari Kualitas Makanan Rumah Sakit dengan Sisa Makaan di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indonesia Vol. 1, No. 01, Agustus 2017.

Semedi, P., Martha I. K., Hagnyonowati. 2013. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Rumah Sakit dan Asupan Makanan dengan Status Gizi Pasien (Studi Kasus di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak). Jurnal Gizi Indonesia Vol. 2, No. 1, Desember 2013: 32-41

Moehji, S. 1992. Pengaturan Makanan dan Diit untuk Penyembuhan Penyakit. Jakarta : Bhratara

Nasriyanto. 2017. Perbedaan Sisa Makanan pada Pasien dengan Menu Pilihan dan Menu Standar di RST. Tk. II dr. Soedjono Magelang. Skripsi. Universitas Respati Yogyakarta.

Messina, G., Roberto F., Francesco V., Fabrizio N., Cecilia Q., & Nicola N. 2013. Patients’ evaluation of hospital foodservice quality in Italy: what do patients really value? Public health nutrition, 16(4), pp.730-7. [Online] tersedia di http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22874795 [Diakses pada 12 November 2013].

Uji H, E. T. 2007. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien terhadap Penyediaan Makanan di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Persahabatan Jakarta. Tesis. Universitas Gadjah Mada.


Abstract View: 437, PDF Download: 584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.