OPTIMALISASI DISEMINASI INFORMASI PADA MITIGASI BENCANA

Doni Darmasetiadi

Abstract


Indonesia sebagai negara yang rawan akan bencana alam Ada berbagai jenis bencana yang terjadi di Indonesia, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya. Hal ini memerlukan suatu diseminasi informasi yang tepat kepada publik, yakni masyarakat Indonesia. Namun, penerapan diseminasi ini tidak boleh sembarangan dan perlu mengacu pada UU No.23 Tahun 2007 tentang Penanganan Bencana dan Permen Kominfo Nomor 17/Per/M.Kominfo/03/2009 tentang Diseminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah, Pemerintah Dae rah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Proses ini memerlukan pemahaman bahwa porses diseminasi informasi kebencanaan merupakan bagian dari komunikasi krisis kebencanaan yang terjadi pada pra dan pasca bencana. Penerapan diseminasi agar optimal dapat mengadopsi teori pemasaran modern, yakni penerapan Teori STP, dimana menerapkan Segmentatin, Targeting, dan Positioning dalam proses penyebarannya. Tujuannya agar mengoptimalkan penyeberapan informasi dengan menekankan kebutuhan informasi dari kelompok-kelompok publik.

Kata kunci : diseminas i informasi, komunikasi krisis, dan teori STP


Indonesia is a country prone to natural disasters. There are several kinds of natural disasters found in Indonesia, such as flood, earthquake, landslide, and so forth. To be able to manage such condition, appropriate public information dissemination is badly needed. The implementation of dissemination, however, cannot be carried on carelessly. This has to refer to Regulation No. 23 Year 2007 on Disaster Management and The Communication and Information Ministerial Regulation No. 7/Per/M/Kominfo/03/2009 on National Information Dissemination by the Government, Provincial Governments and Regional Government. The process needs comprehensive understanding that the disaster information dissemination process is part of disaster crisis communication that occurs in pre-disaster and post-disaster. In order to make the dissemination implementation optimal, the modern marketing theory namely STP Theory can be adopted. The theory implements Segmentation, Targeting, and Positioning in the process of its spread. The purpose is to optimize the dissemination of information by emphasizing the information needs of public groups.

Keywords: information dissemination, crisis communication, STP theory



Full Text:

PDF

References


Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss. 2008 Theories of Human Communication. Ninth Edition, USA: Thomson Higher Education

Haddow, G. D. dan Kim S. Haddow. 2008. Disaster Communication in A Changing Media World. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Collins, Laura dan Carmen Muñoz. 2016. The Foreign Language Classroom: Current Perspectives and Future Considerations. Jurnal Modern Language Journal. Terarsip dalam

https://doi.org/10.1111/modl.12305

Echols, John M dan Hassan Shadily. 2000. An English Indonesian Dictionary, PN Gramedia Pustaka, Jakarta, Cet. XXV.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Leeuwis, Cees. 2006. Communication for Rural Innovation: Rethinking Agricultural Extension. Blackwell Publishing.

Arifin, Samsul. 2016. “Kajian Penyelenggaraan Kebijakan Informasi Publik (Studi Evaluasi Program Diseminasi Informasi di Dishubkominfo Kabupaten Bangkalan Tahun 2012-2015)â€. Tesis Magister Media dan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Surabaya

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Siswadi, Gun Gun. Tanpa tahun. “Pelaksanaan Diseminasi Informasi Publik oleh Lembaga Pemerintah: Studi Pada Lembaga Informasi Nasionalâ€. Tesis Universitas Indonesia dan terasip dalam http://lib.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak-109791.pdf

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI


Abstract View: 522, PDF Download: 485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.