PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERNYANYI TERHADAP PERILAKU MENGGOSOK GIGI SISWA KELAS V DAN VI SDN SUMOGAWE 03 KABUPATEN SEMARANG

Paulinus Deny Krisnanto, Lala Budi Fitriana

Abstract


Anak usia sekolah rentan mengalami masalah kesehatan gigi dikarenakan perilaku menggosok gigi kurang tepat. Perilaku gosok gigi yang kurang tepat bisa mnyebabkan masalah gigi diantaranya adalah karies. Perilaku gosok gigi dapat diperbaiki dengan pemberian pendidikan kesehatan dimana media yang dipakai dalam pendidikan kesehatan kepada anak menggunakan media atau metode yang menarik, salah satunya dengan metode bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi terhadap perilaku menggosok gigi siswa kelas V dan VI SDN Sumogawe 03 Kabupaten Semarang. Desain penelitian quasi eksperimen, rancangan pre and post-test without contro ldengan Subjek penelitian adalah 25 orang dengan teknik simple random sampling. Instrument penelitian yaitu lembar observasi, lagu sikat gigi bulat-bulat. Uji statistic menggunakan Wilcoxon. Nilai median pre test metode bernyanyi 50.00±18 (25-92), nilai post test 92.00±19 (50-100) dan nilai p-value 0,000. Terdapat perbedan Pendidikan kesehatan metode bernyanyi terhadap perilaku menggosok gigi siswa kelas V dan VI SDN Sumogawe 03 Kabupaten Semarang.

Keywords


Anak, Perilaku menggosok gigi; Metode bernyanyi

Full Text:

PDF

References


Puspita, D., Messakh, S. T., & Nuarika, C. (2017). Gambaran Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Dasar yang Tinggal di Sekitar TPA Ngornggo Salatiga. Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, XXVI(1), 92-110.

Indonesia, K. K. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Indonesia, K. K. (2014). Infodatin Situasi Kesehatan Gigi dan Mulut. 8.

Khasanah, N. N., Susanto, H., & Rahayu, W. F. (2019). Gambaran Kesehatan Gigi Dan Mulut Serta Perilaku Menggosok Gigi Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(4), 1-8.

Hasanuddin, H. S. (2018). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Anak Usa Pra Sekolah. 1-122.

Gigih, P. (2016). Peningkatan Upaya Pembelajaran Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Media Video Animasi Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas IV SDLB Di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. 1-122.

Kurniawati, L. (2019). Pengaruh Penddikan Kesehatan Metode Ular Tangga Dan Bernyanyi Terhadap Perilaku Personal Hygiene Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kecamatan Puron, Ngawi. 1-164.

Timoneno, A. J., Takaeb, A. E., & Ndun, H. J. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa/I Sekolah Dasar Kelas IV Tentang Cara Menyikat Gigi Yang Benar. CMHK HEALT JOURNAL, 3(2), 1-5.

Suwanti, I., & Krisbiantoro, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Cuci Tangan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 1-7.

Prajawati, Y. K., Thriharini, M., & Asmoro, C. P. (2014). Meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Melalui Metode Bernyanyi. Pediomaternal Nursing Journal, 3(1), 1-7.

Fadlillah, M. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Femala, D., & Ayatullah, M. I. (2020). Penyuluhan Media Audio Terhadap Pengetahuan dan Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut. Journal of Oral Health, 8(1), 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.