PELATIHAN SPEAKING SKILLS BERBAHASA INGGRIS UNTUK PESERTA DIDIK DI PPA DOMBY KID’S HOPE GAJAH WONG

Tri Septa Nurhantoro, Yohanes Angie Kristiawan, Ika Aulia Ningsih, Widya Wati

Abstract


Bahasa Inggris seperti bukan bahasa asing di Indonesia dan sudah menjadi bagian dari keseharian dengan penyisipan kata-kata bahasa Inggris dalam percakapan, mis. please, OMG, btw, handmade, hi guys, dan lainnya. Namun, bagi kebanyakan orang, berbahasa Inggris menjadi masalah tersendiri, karena kurangnya kepercayaan diri ketika berbicara berbahasa Inggris di depan orang. Selain itu, kurangnya penguasaan tata bahasa, minimnya perbendaharaan kosakata, dan ketidakpemahaman berbahasa sesuai konteks menjadi kendala mereka dalam berbicara berbahasa Inggris. Padahal pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia sudah dimulai sejak pendidikan dasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan speaking skills bahasa Inggris bagi 16 peserta didik berpendidikan dasar di Domby Kid’s Hope Gajah Wong. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pengenalan aspek berbicara berbahasa Inggris, perbendaharaan kosakata, penguasaan tatabahasa dasar, penggunaan bahasa sesuai konteks, dan praktek speaking skills. Dari hasil kegiatan didapatkan bahwa peserta didik cukup antusias dan percaya diri dalam mempraktekan speaking skills berbahasa Inggris yang dapat diterapkan untuk kepentingan akademis di sekolah, secara praktis dalam keseharian, dan dalam menjalankan aktivitas produktif lainnya.

Keywords


speaking skills; kemampuan berbahasa; bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Byrne, D. 1986. Teaching Oral Communication: Longman Handbooks for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Hornby, A. S. 1983. Guide to Pattern and Usage in English. London: Oxford Press.

Krashen. 1982. Language of Study Environment. London: New York press.

Kristiawan, Y. A. et al. 2020. Pelatihan Menulis Kreatif untuk Peserta Didik di PPA Domby Kid’s Hope Gajah Wong. Prosiding Seminar Nasional (Tetap Produktif dan Eksis Selama dan Pasca Pandemi COVID-19). 2:1 129-134

Nunan, D. 2004. Task-Based Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Oxford, R. L. 1990. Language Learning Strategies. What Every Teacher Should Know. Boston: Heinle & Heinle.

Richards, J. C. 2006. Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University Press.

Richard, J. C. 2002. Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Thornbury, S. 2008. How to Teach Speaking. London: Pearson Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.