PENGEMBANGAN PROGRAM CIPTA REPRODUKSI SEHAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEREMPUAN PRE MENOPOUSE SADAR KESEHATAN REPRODUKSI DI DUSUN NGUNUT TENGAH RT 08 RW 02 KAPANEWON PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Tutik Astuti, J.Nugrahaningtyas, Giyawati Yulilania Okinarum

Abstract


Latar belakang: Perempuan memiliki siklus hidup yang menarik. Mulai dari menstruasi, pre menopause, menopause dan senium. Menopause merupakan siklus hidup perempuan yang penting dikarenakan pada masa ini perempuan mulai berubah dari segi fisiologis dan psikologis. Menopause merupakan suatu akhir proses biologis dari siklus mentruasi yang terjadi karena penurunan produksi hormone estrogen yang dihasilkan ovarium (indung telur). Menopause mulai pada umur yang berbeda umumnya adalah sekitar umur 50 tahun, meskipun ada sedikit perempuan mulai menopause pada umur 30an. Tujuan: untuk meningkatkan pengetahuan perempuan pre menopause dengan kegiatan edukasi ini yang merupakan usaha untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan individu, keluarga dan kelompok. Metode: penyuluhan terhadap perempuan pre menopause di Dusun Ngunut RT 08 RW 02 Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi pre menopause. Hasil : kegiatan PKM dengan judul “Pengembangan Program Cipta Reproduksi Sehat sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Perempuan Pre Menopouse Sadar Kesehatan Reproduksi di Dusun Ngunut Tengah RT 08 Rw 02 Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 27 Oktober 2021 dengan peserta 40 orang. Peserta penyuluhan sangat antusias sekali dalam mengikutinya, terbukti banyak peserta yang memberikan tanggapan serta pertanyaan yang berkenaan dengan keluhan atau keadaan yang mereka alami. Selain itu sesuai dengan hasil pre test pengetahuan dalam kategori kurang sejumlah 16 orang (45,71%) dan post test mengalami peningkatan yaitu pengetahuan dalam ketegori baik sejumlah 13 orang (37,14 %).

Keywords


Reproduksi sehat; kualitas pre menopouse

Full Text:

PDF

References


Ahsan. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan preoperasi pada pasien section caesarea. Jurnal Vol. 8 No. 1 Universitas Brawijaya.

Asih, DA. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan pada Perempuan Menopause di Wilayah Kerta Puskesmas Tanggerang Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Bong, Maria Theresia & Sri Mudayatiningsih. 2015. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Menopause dengan Tingkat Stress di Desa Hoelea Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nursing News, Volume 4 – Nomor 1, 2019.

Depkes, RI. 2017. Propil kesehatan Indonesia 2017. http://depkes.go.id. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Rostiana, T. 2009. Kecemasan pada wanita yang meghadapi menopause. Jurnal Vol 3, No, 1Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Sandra, MA. 2017. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Wanita Menghadapi Menopause di Desa Duwet, Magetan. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia. Madiun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.