PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI ALTERNATIF MAKANAN TINGGI PROTEIN BAGI ODHA DI RUMAH SINGGAH KEBAYA

Jihan Novita Sari, Soepri Tjahjono Moedji Widodo, Inayah,Metty

Abstract


Terdapat lebih dari 500 Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) di Yogyakarta, 11 diantaranya adalah waria yang merupakan kelompok rentan dan tinggal di Rumah Singgah Kebaya Yogyakarta. Memburuknya status gizi merupakan risiko tertinggi penyakit ini sehingga kesehatan umum pada ODHA cepat menurun. Hal ini menunjukkan bahwa apabila konsumsi makanan pada ODHA mengalami kekurangan dapat menyebabkan malnutrisi (gizi buruk), sehingga mempercepat perkembangan penyakit HIV dan dapat menurunkan imun orang tersebut. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada juru masak di Rumah Singgah Kebaya agar dapat mengolah makanan dan menyajikan makanan dengan gizi tinggi yang diperlukan oleh ODHA. Pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan nugget menggunakan metode demonstrasi. Sebanyak 12 panelis berpartisipasi untuk menilai tingkat kesukaan terhadap nugget kelor yang meliputi warna, aroma, rasa dan tekstur dengan menggunakan metode Scoring Hedonic Scale Test. Skala penilaian tingkat kesukaan yang didapat ditranformasikan menggunakan diagram spider web untuk melihat luas tingkat kesukaan panelis terhadap nugget kelor dan hasilnya menunjukkan bahwa nugget kelor memiliki warna, rasa, aroma dan tekstur yang disukai oleh panelis, sehingga dapat disimpulkan bahwa nugget kelor dapat diterima oleh panelis dan dapat dijadikan sebagai alternatif lauk atau makanan tinggi protein dan zat gizi bagi ODHA di Rumah Singgah Kebaya Yogyakarta.

Keywords


ODHA; Nugget Kelor; Tingkat Kesukaan

Full Text:

PDF

References


WHO. About HIV/AIDS. 2019.

Kementerian kesehatan RI. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kemeterian Kesehatan RI Situasi HIV dan AIDS. 2019.

Dinas Kesehatan DIY. 2020. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019. Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta

Kementerian kesehatan RI. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kemeterian Kesehatan RI Situasi HIV dan AIDS. 2019.

Almatsier, 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Yuniarti, dkk. 2013. Pengaruh Konseling Gizi dan Penambahan Makanan terhadap Asupan Zat Gizi dan Status Gizi Pasien HIV/AIDS. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 9 (3) : 132 – 138.

Permatasari, 2016., Tatalaksana Nutrisi Pada Pasien Dengan Infeksi Human Imunodeficiency Virus. Jakarta: Universitas Indonesia.

Fuglie, L. (2001). Combating Malnutrition With Moringa. Development potential for Moringa products, 1(1), 1–4.

Madukwe, E., Ugwuoke, A. & Ezeugwu, J. (2013). Effectiveness Of Dry Moringa OleiferaLeave Powder In Treatment Of Anemia. Academic Journals, 5(5), 226–228. Diakses dari www.academicjournals.org

Kasolo, J.N. (2010). Phytochemicals and Uses of Moringa Oleifera Leaves in Ugandan Rural Communities. Academic Journals, 4(9), 753–757. Diakses dari www.academicjournals.org

Srikanth, V.S., Mangala, S. & Subrahmanyam, G., (2014). Improvement of Protein EnergyMalnutrition by Nutritional Intervention with Moringa Oleifera Among AnganwadiChildren in Rural Area in Bangalore, India. International Journal of Scientifi c Study, 2(1), 32–35. Diakses dari www.ijss-sn.com/uploads/2/0/1/.../ijss_apr08.pd

Suhaemi, Z., Husmaini , E, Yerizal., N, Yessirita., 2021. Pemanfaatan Daun Kelor (Moringaoleifera) dalam Fortifikasi Pembuatan Nugget. Jurnal Ilmu Produksi dan TeknologiHasil Peternakan, 9(1), 49-54. Diakses dari https://journal.ipb.ac.id.

Jaya, R. 2015. Petunjuk Teknis Tata Laksana Uji Organoleptik Nasi. Banda Aceh: BalaiPengkajian Teknologi Pertanian Aceh.

Ayustaningwarno, F. 2014. Teknologi Pangan Teori Praktis dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Afriantari, R.A. (2016). Pengaruh Variasi. Pencampuran Tepung Ubi Ungu dan Tepung Terigu pada Mie Kering Ditinjau Dari Sifat Fisik, Sifat Organoleptik dan Aktivtas Antioksidan. Skripsi. Universitas Respati Yogyakarta.

Charistie, A.W. 2020. Pemanfaatan Tepung Kulit Pisang Raja (Musa Paradisiaca L. VarSapientum) Pada Nugget Pisang Raja Ditinjau Dari Sifat Fisik, Sifat Organoleptik dan Uji Aktivitas Antioksidan. Universitas Respati Yogyakarta.

Wulandari, Catur. (2017). “ Pengaruh Asam Sitrat Terhadap Indeks Browning, KandunganKarbohidrat Terlarut Total, dan Aktivitas Enzim Dehidrogenase Pada Buah Pir Yali ( Pyrus Bretshneideri Rehd)” Skripsi. Universitas Lampung.

Purwanto, I. 2007. Mengenal Lebih Dekat Leguminoseae: Nama Daerah, Morfologi, Kegunaan, Penyebaran. Yogyakarta: Kaniskus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.