PERANCANGAN DATABASE PENDAFTARAN SWAB ANTIGEN BERBASIS ONLINE

Erfanti Fatkhiyah, Joko Triyono, Eko Nur Cahyo

Abstract


Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan ( sampel ). Swab dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings. Hampir semua kegiatan masyarakat mensyaratkan bahwa harus membawa bukti Swab Antigen dengan hasil Negatif, sehingga kebutuhan akan perlengkapan swab tersebut sangat melonjak tinggi dan klinik. Karena pentingnya Swab tersebut, maka secara bisnis sangat menggiurkan. Bahkan beberapa waktu yang lalu telah viral tentang penyalahgunaan swab tersebut dengan melakukan hal-hal yang tidak memenuhi SOP bahkan melanggar, bahkan tidak tanggung-tanggung kelompok pelaku tersebut bisa meraup sampai puluhan juta. Namun dari sekian banyak sistem online yang ada, masih lebih banyak mengedepankan bagaimana proses mendaftar dan kebanyakan tanpa menginformasikan berapa stok atau kapasitas bahan dan alat yang tersedia secara transparan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan dalam melakukan perancangan arsitektur database pendaftaran swab antigen berbasis online untuk membantu dalam pengembangan aplikasi pendaftaran swab antigen.

Keywords


Arsitektur, Database, Permodelan, Swab

Full Text:

PDF

References


J. Triyono, "Sistem Informasi Agroteknologi berbasis Web dan Jejaring Sosial Twitter.," in Seminar Nasional IENACO (pp. 205-212), Surakarta, 2015.

Wardana, Aplikasi Website Profesional dengan PHP dan jQuery, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

E. Z. A. &. C. S. Winarno, Buku Sakti Pemrograman, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.