PERILAKU PENCARIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU HAMIL DI KELURAHAN MAGUWOHARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Hana Tomatala, Rini Pratiwi, Merita Eka Rahmuniyati

Abstract


Ibu hamil merupakan bagian dari kelompok rentan dalam masyarakat, termasuk rentan terifeksi covid 19. Kabupaten di DIY yang memiliki angka kasus Covid-19 paling tinggi adalah Kabupaten Sleman, dengan angka kasus yang tinggi adalah Kecamatan Depok. Pemeriksaaan kehamilan dalam masa pandemic covid 19 menjadi perhatian khusus karena banyak masyarakat terutama ibu hamil yang menghindari pelayanan kesehatan sebagai tempat pemeriksaan kehamilan. Tujuan penelitian untuk mengetahui perilaku pencarian pelayanan kesehatan pada ibu hamil di Kelurahan Maguwoharjo pada masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Jumlah informan sebanyak 12 orang. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2021. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil mengenai Covid-19 termasuk kategori baik. Perilaku pencarian pelayanan kesehatan pada ibu hamil di Kelurahan Maguwoharjo tetap normal yaitu sebulan sekali melakukan pemeriksaan. Untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang kunjungi oleh ibu hamil adalah Bidan Praktek, Klinik, dan Rumah Sakit, alasan ibu hamil memilih fasilitas pelayanan kesehatan adalah karena pelayanan yang diberikan sangat memuaskan, biayanya terjangkau serta jarak fasilitas pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau dan ibu hamil mendapat dukungan dari keluarga yaitu suami dalam melakukan pencarian pelayanan kesehatan. Perilaku pencarian pelayanan kesehatan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu pelayanan yang diberikan, biaya dan, jarak fasilitas pelayanan kesehatan.

Keywords


Perilaku; Pencarian: Pelayanan Kesehatan; Ibu Hamil

Full Text:

PDF

References


R. R. Prananda, "Batasan Hukum Keterbukaan Data Medis Pasien Pengidap Covid-19:Perlindungan Privasi VC Transparansi Informasi Publik," 2020.

Kompas.com, "Kemenkes Imbau RS Kurangi Praktik Rawat Jalan untuk Cegah Penularan Virus Corona," 2020

A. H. M. U. Andrian H, Sukmana D, Mada U, Hardani, N. H. Auliya G, H. A. M, F. R. Ustiawaty J, Utami E, Sukmana D and I. R. , Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, 2020.

Mamik, METODE KUALITATIF, D. M. Choiroel and A. SKM, M.Kes, Eds., Zifatama, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.