AFIRMASI POSITIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI IBU MENYUSUI

Author :

Lestariningsih, Rahayu Widaryanti

Article Metrics :

Abstract view : 74 PDF view : 72

Abstract


Pemberian Air Susu Ibu di Indonesia masih kurang maksimal, berdasarkan data riset kesehatan dasar tahun 2018 persentase tertinggi proses mulai menyusu pada anak umur 0-23 bulan pada 1- 6 jam adalah 44,5%, proses mulai menyusu pada satu jam pertama setelah lahir sebesar 58.95%. Permasalahan lanjut ibu menyusui adalah adanya syndrome ASI kurang yang mencapai 15.7%. Permasalahan ibu menyusui tersebut sebagaian besar muncul karena kurangnya kepercayaan diri pada ibu. Kepercayaan diri ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI. Ibu menyusui yang memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi akan memiliki hasil menyusui yang lebih baik. Durasi menyusui eksklusif secara signifikan lebih tinggi pada ibu-ibu yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Salah satu penerapan Afirmasi positif dalam menurunkan masalah menyusui yaitu dengan memberikan sugesti untuk meningkatkan kepercayaan diri ibu menyusui. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada ibu menyusui dengan memberikan afirmasi positif. Peningkatan kepercayaan diri pada ibu menyusui ini diharapkan mampu mengatasi masalah yang dirasakan oleh ibu. Pengabdian ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 25 Oktober 2020, di Kalya Hotel Yogyakarta. Diikuti oleh 20 ibu menyusui yang memiliki masalah menyusui, diantaranya sindroma ASI kurang, Puting susu lecet/nyeri saat menyusui dan ASI tidak keluar. Setelah dilakukan afirmasi positif pada ibu meyusui sebagian besar ibu merasa lebih rileks, semakin bahagia dan merasa payudara penuh.

Keywords


afirmasi positif, kepercayaan diri, menyusui

Full Text:

PDF

References


PERINASIA 2009. Bahan Bacaan Manajemen Laktasi, Jakarta, Perinasia press.

SAKTI, E. S. 2018. Meyusui Sebagai dasar kehidupan Tema Pekan ASI Sedunia 1-7 Agustus 2018. In: INDONESIA, K. K. R. (ed.). Jakarta: Pusat Data dan Informasi.

RISKESDAS 2018. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. In:RI,K.K. (ed.). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

WABA 2019. Empower Parents Enable Breastfeeding, World Breastfeeding Week 2019. Penang Malaysia: WABA.

[HEMMATIMASLAKPAK, M., FARHADI, M., FEREIDONI, J. J. I. J. O. N. & RESEARCH, M. 2016. The effect of neuro-linguistic programming on occupational stress in critical care nurses. 21, 38.

WIDARYANTI, R. J. M. R. 2016. DETERMINAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS WEDI KABUPATEN KLATEN JAWATENGAH TAHUN 2015. 11.

SEPTIANINGTYAS, M., ANGGOROWATI, A. & NURRAHIMA, A. 2019. Modul Paket Sukses Menyusui

BROCKWAY, M., BENZIES, K. & HAYDEN, K. A. J. J. O. H. L. 2017. Interventions to improve breastfeeding self-efficacy and resultant breastfeeding rates: a systematic review and meta-analysis. 33, 486-499.

Lestariningsih. 2020. Buku Panduan Afirmasi Positif Pada Ibu Menyusui. HaKI Nasional, No. Sertifikat EC00202049252


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.