REFRESHING KADER DAN PENDAMPINGAN POSBINDU LANSIA NGUDI HUSADA

Author :

Siti Wahyuningsih, Fera Nofiartika, Ari Tri Astuti

Article Metrics :

Abstract view : 15 PDF view : 15

Abstract


Latar belakang: Populasi lanjut usia (lansia) di Indonesia meningkat karena derajat kesehatan masyarakat dan usia harapan hidup meningkat Upaya peningkatan kesehatan lansia adalah dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan lansia, khususnya terciptanya lansia mandiri. Salah satu kegiatan tersebut melalui peningkatan pelayanan kesehatan di posbindu lansia. Tujuan kegiatan: Meningkatkan pengetahuan kader posbindu lansia dan layanan kesehatan pada lansia melalui kegiatan posbindu yang memenuhi standar. Metode Pelaksanaan: Refreshing kader mengenai pelaksanaan layanan kesehatan di posbindu lansia yang memenuhi standar dengan metode penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2020. Sasaran kegiatan ini adalah kader posbindu. Pendampingan kegiatan posbindu lansia dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020. Posbindu lansia dilaksanakan dengan menerapkan 5 tahapan yang sesuai dengan standar pelayanan posbindu. Hasil: Hasil pre test menunjukkan kader yang mempunyai pengetahuan tentang layanan kesehatan di posbindu termasuk kategori baik sebanyak 57,14%, cukup 28,57% dan kurang14,29%. Hasil post test menunjukkan kader yang mempunyai pengetahuan tentang layanan kesehatan di posbindu termasuk kategori baik sebanyak 85,71% dan cukup 14,29%. Terdapat perbedaan hasil pre test dan post test pada kader (p=0,008) dengan uji Wilcoxon. Hal ini menunjukkan ada peningkatan pengetahuan kader Posbindu Ngudi Husada tentang layanan kesehatan di posbindu lansia yang memenuhi standar setelah dilakukan refreshing kader. Kegiatan pendampingan pada pelaksanaan Posbindu Ngudi Husada dapat menerapkan 5 tahapan dalam kegiatan posbindu lansia yang sesuai standar. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan kader posbindu lansia dan pelaksanaan layanan kesehatan pada lansia melalui kegiatan posbindu dapat memenuhi standar.

Keywords


refreshing, kader, pendampingan, posbindu, lansia

Full Text:

PDF

References


Yuliati, A., Baroya, N., Ririanty, M. Perbedaan Kualitas Hidup Lansia yang Tinggal di Komunitas dengan di Pelayanan Sosial Lanjut Usia. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 2 (no. 1) Januari 2014.

Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik penduduk lanjut usia. Jakarta: BPS.

Dinkes Sleman. 2012. Kesehatan lanjut usia. [Online] Tersedia di https://dinkes.slemankab.go.id/kesehatan-usia-lanjut. [diakses tanggal 20 Januari 2019].

Undang - undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Komisi Nasional Lanjut Usia. 2010. Pedoman Pelaksanaan Posyandu Lansia. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Bagi Kader. Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.