GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG HYPNOPARENTING PADA PERKEMBANGAN ANAK BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS DEPOK 2

Author :

Heny Noor Wijayant, Yana Luthfiyati, Nabila Apriliani

Article Metrics :

Abstract view : 9 PDF view : 10

Abstract


Latar Belakang : Pada masa balita terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat baik pertumbuhan fisik, psikomotor, mental maupun social. Masa lima tahun pertama kehidupan merupakan periode masa emas terhadap lingkungan dan akan menjadi dasar kualitas generasi penerus bangsa. Permasalahan anak hampir 90% disebabkan oleh kesalahan atau ketidaktahuan orangtua akan cara komunikasi dan penyampaian nilai yang baik terhadap sang anak. Tehnik hypnoparenting ini cara yang dapat orang tua lakukan dalam mengatasi berbagai macam masalah yang dialami anak. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang hypnoparenting pada perkembangan anak balita Di wilayah Puskesmas Depok 2. Metode : jenis penelitian ini menggunakan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 10 balita usia 1-5 tahun yang mengalami gangguan perkembangan di wilayah Puskesmas Depok 2 Sleman. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil Penelitian : Bahwa hasil penelitian ini didapatkan karakteristik responden anak balita yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 5 anak (50%) dan laki-laki sebanyak 5 anak (50%), tingkat pengetahuan ibu tentang hypnoparenting dengan kategori cukup 20% sedangkan yang memiliki pengetahuan yang tergolong tinggi ada 80%. Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu tentang hypnoparenting pada perkembangan anak balita yang tergolong tinggi.

Keywords


pengetahuan, hypnoparenting, anak balita

Full Text:

PDF

References


Khomsan. 2015. Pengantar Pangan dan Gizi. Cetakan-1. Jakarta: Penebar Swadaya.

Anshor, Ulfah Maria dan Abdullah Ghalib. 2015. Parenting With Love: Panduan Islami Mendidik Anak Penuh Cinta dan Kasih Sayang. Bandung : PT Mizan Pustaka

Sutiyono, A. 2010. Dahsyatnya Hypnoparenting. Jakarta: Penebar Plus.

Santioso, Lucy, L. 2012. 5 Menit Menguasai Hypnoparenting. Jakarta : Penebar Plus.

Megawati, P. 2015. Perbedaan Perilaku Anak dengan pembelajaran Hypno Parenting dan Non Hypnoparenting pada siswa TK Pertiwi bojonegoro Tahun Ajaran 2013/2014, Fakultas Ilmu Pendidkan UM (Skripsi).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Anugraheni, I. 2015. Pengaruh Hypnoparenting Terhadap Kejadian Picky Eater Pada Anak Prasekolah Di TK Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Kesehatan Hesi Wira Sakti. https://jurnal.poltekkessoepraoen.ac.id/index.php/HWS/article/view/185.

Tridonanto, Al. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta : PT Elex Media Kompotindo.

Notoatmodjo, Soekindo. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Munjinah Annif, Hidayah Nur. Optimalisasi Pola Asuh Dengan Menggunakan Hypnorarenting di Wonokromo Surabaya. Jurnal Unnusa 2018. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CDJ/article/view/718.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.