PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN KEGIATAN SATUAN TUGAS UNTUK PENANGANAN MASALAH PEREMPUAN DAN ANAK

Author :

Agus Qomaruddin Munir, Zaidir, Bagus Subekti Nuswantoro, Yusriadi

Article Metrics :

Abstract view : 15 PDF view : 26

Abstract


Tindak kekerasan pada perempuan dan anak ditinjau dari perspektif individual maupun social dapat mengakibatkan efek ganda. Pertama efek psikologis dan kedua adalah efek kesehatan individu serta kualitas kesehatan masyarakat. Dusun Katekan, Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah merupakan wilayah pedesaan yang aktif dalam kegiatan perlindungan perempuan dan anak. Keterlibatan pemerintah desa menjadi penting untuk jalannya program pencegahan, karena secara terstruktur kegiatan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) meliputi: penjangkauan, identifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan, perlindungan terhadap perempuan dan anak di lokasi kejadian (pertolongan darurat), penempatan dan pengungsian perempuan dan anak yang mengalami permasalahan dan rekomendasi. Proses pengelolaan kegiatan PPA di lingkungan pemerintah desa dilakukan secara konvensional yaitu dengan melakukan pencatatan pada kertas kerja. Sebagai bentuk dalam upaya memajukan teknologi informasi di wilayah desa Katekan maka perlu adanya inovasi dari pengelolaan kegiatan Satgas PPA. Tujuan pengabdian ini dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu adalah 1) Pembuatan sistem informasi dan 2)Melakukan sosialisasi aplikasi pengelolaan kegiatan satuan tugas untuk penanganan masalah perempuan dan anak bagi kelompok kerja yang ada di desa Katekan Gantiwarno Klaten, Jawa tengah. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dapat berkontribusi untuk ilmu pengetahuan dalam bentuk implementasi penggunaan aplikasi secara online.

Keywords


Perlindungan Perempuan dan Anak; Satuan Tugas; Teknologi Informasi; PPA.

Full Text:

PDF

References


Alkadri, S. P., & Insani, R. W. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pelaporan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak pada DPPPA Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 329-337.

Rinawati, R., & Fardiah, D. (2016). Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Terhadap Anak . Jurnal Penelitian Komunikasi, 29-40.

Syaufi, A. (2017). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Perempuan Korban Kekerasan Seksual di PPA Polresta Banjarmasin. Muwazah, 16-28.

Derna, J. R. (2018). Pelaksanaan Pendampingan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Wijaya Kusuma Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 629-641.

Indrawati, D. Z., Kondorura, O., & AF, M. S. (2018). Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrative Reform, 141-152.

Mardiyati, A. (2015). Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Perlindungan Anak Mengurangi Tindak Kekerasan. Jurnal PKS , 453-464.

Oktafiani, R., & Yunita, F. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Kekerasan Anak dan Perempuan Berbasis WEB . Jurnal SISTEMASI, 1-14.

Satriawan, Alfiana, Fasya, H., Amelia, A. F., & Yani, A. A. (2017). Analisis Kebijakan Perlindungan Kekerasan Terhadap Anak di Kota Makassar. Jurnal Analisis dan Kebijakan Publik, 37-48.

Suryamizon, A. L. (2017). Perlindungan Hukum Preventif Terhadap Kekerasan Perempuan dan Anak Dalam Perspektif Hukum Hak Asasi Manusia. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 112-126.

Adiyuwana, Y. K. (2016). Perencanaan dan Implementasi Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan di DIY (Studi pada P2TPA “RDU” DIY). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 27-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.