PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI SDIT INSAN UTAMA MELALUI PENGADAAN DAN PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN

Author :

Latifah Listyalina, Dhimas Arief Dharmawan, Ahmad Zaki, Mursid Sabdullah

Article Metrics :

Abstract view : 10 PDF view : 6

Abstract


Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bagi tenaga pendidik di dalam merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan tugas sebagai pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Salah satu bentuk pengabdian tersebut ialah memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat, khususnya pada dunia Pendidikan. Berdasarkan hal ini, kami mengajukan usulan kegiatan pengabdian di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Bantul, yaitu SDIT Insan Utama. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan bekal pengetahuan kepada anak usia sekolah sejak dini dengan menggunakan alat peraga di mana alat ini merupakan salah satu komponen yang menentukan efektivitas pembelajaran. Dengan alat peraga, hal-hal yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk model-model berupa benda konkret yang dapat dilihat, dipegang, diputarbalikkan sehingga dapat lebih mudah dipahami. Fungsi utama dari alat peraga adalah untuk menurunkan keabstrakan konsep agar siswa mampu menangkap arti konsep tersebut. Materi yang akan kami berikan berupa materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat Sekolah Dasar (SD). Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah siswa mampu mampu memahami konsep dasar mengenai materi Ilmu Pengetahuan Alam dan tenaga pendidik memiliki penguatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga demi peningkatan kualitas proses pembelajaran SD yang bervariatif, menarik, dan efektif.

Keywords


Alat peraga pendidikan; sekolah dasar; pembelajaran menarik; pembelajaran efektif

Full Text:

PDF

References


Widyatmoko. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanistik Berbantu Alat Peraga Murah. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Ujeng, dkk. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6 ISSN 2354-614X 186. Universitas Tadulako

MASRIDAYANTI. 2012. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Dalam Proses Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Inpres Bontomanai Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.