LITERASI GIZI DENGAN MENGGUNAKAN BUKU SAKU GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN

Author :

Metty, Inayah, Paulus Indro Wahyono

Article Metrics :

Abstract view : 26 PDF view : 25

Abstract


Berdasarkan pengukuran status gizi pada 212 dari siswa kelas 3 dan 4 masing-masing tiga kelas dan kelas 5 terdiri dari dua kelas, didapatkan bahwa sebesar 62 siswa didik mengalami masalah gizi mulai dari kurus, gemuk, dan obesitas. Masalah gizi yang paling banyak adalah gemuk mencapai 30 siswa, kemudian diikuti oleh obesitas 22 siswa. Bentuk usaha promotif dan preventif untuk masalah-masalah tersebut yaitu perlu dilakukan literasi dengan memberikan materi mengenai gizi seimbang yang mengacu pada empat pilar gizi seimbang. Untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap pengetahuan siswa SD Muhammadiyah Mertosanan dengan menggunakan buku saku. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan gizi secara pre dan post yang berisi 35 pernyataan kepada 26 siswa melalui google form. Literasi dilakukan dengan memberikan bahan bacaan berupa buku saku, edukasi, dan diskusi. Sebelum pelaksanaan kegiatan siswa diminta untuk membaca buku saku dan kemudian akan didiskusikan pada saat pertemuan. Wilcoxon signed rank test digunakan untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap pengetahuan. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai pvalue 0,016, dan juga sebagian besar siswa (96,2%) berpengetahuan baik setelah literasi dilakukan. Literasi menggunakan buku saku dapat berpengaruh terhadap pengetahuan siswa.

Keywords


Literasi, Pengetahuan, Buku saku

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Bantul. 2020. Profil Kesehatan Kabupaten Bantul.

Riset Kesehatan Dasar, 2018. Laporan Provinsi DI Yogyakarta.

Dekpes RI. 2004. Profil Kesehatan Indonesia 2004. Jakarta.

Solihin, L., Pratiwi, I., Atmadiredja G., Utama B. 2020. Darurat Literasi Membaca di Kelas Awal: Tantangan Membangun SDM Berkualitas. Masyarakat Indonesia. 46:1.

Febryanto, M. A. B. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Di Mi Sulaimaniyah Jombang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 1:2.

Tantri A.A.S, dan Deantara I.P.M. 2017. Keefektifan Budaya Literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal Of Education Research And Evaluation. 1:4 204-209.

Utami, R.D., Wibowo, D.C., Susanti, Y. 2018. Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 4:1.

Azadirachta F.L, dan Sumarmi S. 2017. Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar.

Faizah U. 2009. Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan. 3.

Murtiningsih, L. 2018. Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Kusuma. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.