PENGUJIAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATAN SATUAN TUGAS PENANGANAN MASALAH PEREMPUAN DAN ANAK DENGAN METODE BLACK-BOX TEST DAN USER ACCEPTANCE TEST

Author :

Zaidir Zaidir

Article Metrics :

Abstract view : 49 PDF view : 62

Abstract


Permasalahan perempuan dan anak cukup kompleks karena penanganan yang rutin dan terstruktur, petugas yang terbatas, banyak warga tidak mau mengungkap masalahnya secara langsung pada yang berwenang. Kendala demikian perlu diatasi tepat agar masalah perempuan dan anak yang terjadi di masyarakat cepat terdeteksi dan ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah sebuah sistem informasi yang bisa diakses oleh Satuan Tugas Penanganan Perempuan dan Anak, dinas sosial, kepala desa, dan masyarakat. Sistem informasi sudah menjadi hal yang vital bagi organisasi dengan tingkat kompleksitas yang berbeda. Sistem informasi yang baik membutuhkan proses pengujian yang ketat. Penelitian ini menggunakan metode pengujian black-box dan user acceptance. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesalahan/kelemahan yang ada pada sistem, terutama pengecekan funsionalitas sistem apakah sudah berjalan sebagaimana mestinya sebelum digunakan oleh user. Pengujian juga untuk mengetahui kelayakan sistem berdasarkan respon dari user. Berdasarkan pengujian black-box yang melibatkan stakeholder untuk mengetahui apakah masukan dan luaran sesuai dengan hasil yang diharapkan, terlihat bahwa sistem dapat berjalan berdasarkan aturan bisnis yang ada dengan menerapkan validasi yang akurat. Berdasarkan pengujian user acceptance diperoleh respon user lebih cenderung ke aspek positif yaitu 88% memberikan respon positif dan 12% untuk repson negatif yang berarti sistem dapat diterima dan bisa diterapkan

Keywords


Pengujian Sistem Informasi, Black-Box Test, User Acceptance Test

Full Text:

PDF

References


B. P. Pratama, I. B. V. Ristianto, I. A. Prayogo, Nasrullah and A. Saifudin, "Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Mahasiswa dengan Teknik Boundary Value Analysis Menggunakan Metode Black Box Testing," Journal Of Artificial Intelligence And Innovative Applications, vol. 1, no. 1, pp. 32-36, 2020.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya and A. Saifudin, "Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 125-130, 2019.

D. W. Utomo, D. Kurniawan and Y. P. Astuti, "Teknik Pengujian Perangkat Lunak Dalam Evaluasi Sistem Layanan Mandiri Pemantauan Haji pada Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah," Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 2, pp. 731-746, 2018.

U. Hanifah, R. Alit and Sugiarto, "Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk," Scan, vol. 11, no. 2, pp. 33-40, 2016.

L. Setiyani, "Pengujian Sistem Informasi Inventory Pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing," TechnoXplore: Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, 2019.

T. Hidayat and M. Muttaqin, "Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis," Jurnal Teknik Informatika UNIS, vol. 6, no. 1, pp. 25-29, 2018.

D. Febiharsa, I. M. Sudana and N. Hudallah, "Uji Fungsionalitas (Blackbox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (Silsp) Batik dengan Appperfect Web Test dan Uji Pengguna," Joined Journal: Journal of Informatics Education, vol. 1, no. 2, pp. 117-126, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.