PELATIHAN MENULIS KREATIF UNTUK PESERTA DIDIK DI PPA DOMBY KID’S HOPE GAJAH WONG

Author :

Yohanes Angie Kristiawan, Tri Septa Nurhantoro, Fatkur Rozak, Zaqyah Darojah, Erischa Rahayu Putri

Article Metrics :

Abstract view : 11 PDF view : 10

Abstract


Keterampilan menulis adalah bagian dari keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis saat ini dirasa membutuhkan perhatian lebih khususnya dari generasi muda. Oleh karena itu, program ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan edukasi dan pelatihan menulis kreatif kepada anakanak dari Domby Kid’s Hope Gajah Wong Yogyakarta yang disesuaikan dengan nalar dan kebutuhan anak. Domby Kid’s Hope sendiri merupakan sebuah LSM non-profit dengan bentuk Pusat Pengembangan Anak (PPA) yang dicetuskan oleh Yayasan Pelita Bangsa Jogja yang menjalin kerjasama dengan Compassion International. Tujuan didirikannya Domby Kid's Hope adalah memberikan pendidikan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga yang membutuhkan atau kurang mampu secara ekonomi.Ada dua metode pengajaran yang diterapkan, yaitu Communicative Language Teaching method dan Task-Based Language Teaching Method. Menurut David Nunan, TBLT merupakan classroom work yang berorientasi pada hasil (completeness). Skema pelatihan yang diterapkan bertujuan agar anak mampu menghasil satu karya tulisan kreatif mereka. Tulisan kreatif yang dihasilkan dibuat berdasarkan hal-hal yang sudah dipelajari saat pelatihan salah satunya adalah penggunaan figurative language. Penulisan kreatif ini dibuat dengan format kompetisi sehingga anak-anak semakin antusias untuk mencurahkan ide atau gagasan mereka. Di akhir, anak-anak menerimakan bukti pelatihan berupa sertifikat pelatihan menulis kreatif. Adapun hasil tulisan anak-anak ini akan dimasukkan dalam kompilasi buku cerita anak.

Keywords


menulis kreatif, teaching method, fiction.

Full Text:

PDF

References


Nunan, D. 2004. Task-Based Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J. C. 2006. Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University Press.

Rozati, S. m. 2014. Language Teaching and Task-Based Approach. Theory and Practice in Language Studies, 1273-1278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.