PENERAPAN ANALYSIS DESIGN DEVELOP IMPLEMENT EVALUATE (ADDIE) TERHADAP PERANCANGAN APLIKASI MONITORING SKRIPSI

Author :

Dyan Avando Meliala, Arum K. Sulistyawati, Moh. Iqram

Article Metrics :

Abstract view : 46 PDF view : 27

Abstract


Skripsi adalah salah satu syarat wajib untuk kelulusan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas. Namun, mahasiswa seringkali mengalami hambatan dalam proses pengerjaan skripsi sehingga mahasiswa tidak lulus skripsi tepat waktu. Adanya fenomena bottleneck yang muncul mencerminkan permasalahan ini berdasarkan analisis rasio perbandingan antara jumlah mahasiswa yang lulus skripsi dengan jumlah mahasiswa yang belum lulus skripsi. Pemanfaatan waktu yang tidak efektif, rendahnya motivasi berprestasi, dan ketidakdisiplinan mahasiswa adalah penyebab utama terhambatnya skripsi mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada penerapan Analysis Desain Develop Implement Evaluate (ADDIE) terhadap perancangan aplikasi monitoring skripsi. Metode ADDIE ini pada dasarnya merupakan sebuah metode desain yang bersifat generik serta menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program aplikasi yang efektif, dinamis dan mendukung tujuan aplikasi. Aplikasi monitoring skripsi yang dirancang meliputi serangkaian kegiatan skripsi mulai dari proses pengajuan proposal, bimbingan naskah, hingga unggah laporan skripsi. Poin utama dalam aplikasi ini adalah adanya pesan notifikasi kepada mahasiswa untuk segera melakukan bimbingan kembali pasca mendapat koreksi dari bimbingan sebelumnya. Hal ini diharapkan dapat menjadi monitoring progress mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Keywords


skripsi, monitoring, analysis design develop implement evaluate, perancangan

Full Text:

PDF

References


M. Manulang, 2004, Pedoman Teknis Menulis Skripsi, Penerbit Andi Yogyakarta.

G. Wijayanti, 2006, Faktor Faktor yang Mempengaruhi Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi, Fakultas Psikologi Ubaya, Universitas Surabaya.

Rumiani, 2006, Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa, Semarang, Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol. 3 No. 2.

Gunawinata, Nanik & Lasmono, Hari (2008), Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa, Anima, Indonesian Psichological Journal. 23, No. (3) 256276.

J. E. Prawitasari, 2012, Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu, Jakarta, Erlangga

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. NewYork: Springer.

Yuni Mayasari, dkk, 2015, Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Skripsi di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unesa.

Rizky Vickyan Kusuma, 2011, Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir dan Kerja Praktek Jurusan Teknik Informatika PENS-ITS Berbasis Web, Institut Teknologi Surabaya.

Adi Dewanto, 2014, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

F. Hidayat, 2016, Sistem Informasi Pengajuan Proposal Skripsi Program Studi Sistem Informasi Berbasis Web dengan Menggunakan Framework CodeIgniter, Universitas Batam

A. Setyawan, 2012, Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web, Universitas Sahid Surakarta.

http://kbbi.web.id/skripsi

H. Setiaji, “Pengembangan Kerangka Kerja Pengukuran Learner Satisfaction dalam Sistem E-Learning pada Institusi Pendidikan Tinggi,” Universitas Gadjah Mada, 2015.19

F. S. Motlagh and M. A. J. Abbaspour, “Proposing a Model for Determining the Relationship Between Academic Fascinations, Academic Satisfaction with Students Achievement Based on Mediation of Educational Efforts,” World J. Manag. Behav. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 60–66, 2013.

I. Ghozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2008.

M. R. Ramadhan, 2017, Perancangan Sistem Informasi Monitoring Skripsi Menggunakan Konsep Manajemen Waktu, Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.