PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN DENGAN PEMANFAATAN HERBAL

Author :

Ester Ratnaningsih, Lenna Maydianasari, Rahayu Widaryanti , Muflih Muflih, Melani Maranressy

Article Metrics :

Abstract view : 34 PDF view : 46

Abstract


Masyarakat Indonesia secara turun temurun menggunakan tanaman herbal untuk memelihara dan mengatasi masalah kesehatan, namun belum semua memahami manfaat dari tanaman yang ada. Dusun Karangrejo di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang baik, ditunjang dengan kondisi tanah yang subur dibuktikan dengan luasnya area persawahan dan perkebunan. Namun masyarakat belum mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam tersebut untuk menanam tanaman herbal sebagai terapi komplementer dalam meningkatkan derajat kesehatan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat dan pengolahan tanaman herbal dalam memelihara kesehatan masyarakat secara mandiri. Metode yang digunakan adalah melalui pelatihan pemanfaatan tanaman herbal pada ibu rumah tangga dan kader kesehatan. Pengabdian masyarakat ini melibatkan 12 orang ibu rumah tangga dan kader kesehatan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pretest dan posttest serta lembar checklist. Kemudian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi untuk data demografi dan grafik untuk nilai pretest dan posttest. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan nilai pretest rata-rata peserta adalah 66,67 dan meningkat pada posttest sebesar 82,22 yang menunjukkan ketercapainnya pelaksanaan pelatihan. Untuk kegiatan selanjutnya perlu dilakukan upaya pembinaan dan pendampingan pada keluarga dalam pengolahan tanaman herbal.

Keywords


pemberdayaan; masyarakat; tanaman herbal; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Alfiani, M. 2014. Keanekaragaman Hayati. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016.Permenkes No 61 tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2017.Permenkes No 37 tahun 2017 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018.Permenkes No 15 tahun 2018 tentang Penyelenggaran Pelayanan Kesehatan Tradisional.Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016.Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang upaya pengembangan kesehatan melalui asuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat keluarga dan ketrampilan budidaya dan pengolahannya. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Profil Kesehatan Indonesia 2018. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Dewoto.H.R. (2007). “Pengembangan Obat Tradisional Indonesia Menjadi Fitofarmaka. Majalah Kedokteran Indonesia. 57, (7), 205-211.

Sari. I.D., Yuniar. Y., Siahaan. S., Riswati., Syaripuddin. M., 2015. Tradisi Masyarakat dalam Penanaman dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Lekat di Pekarangan. Jurnal Kefarmasian Indonesia. 5, (2):123-132

Yuliana, P., Dewi, A.P., Hasneli, Y. 2013. Hubungan Karakteristik Keluarga dan Jenis Penyakit terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan. Riau: UNRI.

Jennifer.H ,Saptutyningsih. 2015. Preferensi Individu Terhadap Pengobatan Tradisional di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 16 (1), 26-41.

Cuwin. 2009. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yatias, E.A. 2015. Etnobotani Tumbuhan Obat Di Desa Neglasari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Jakarta: UIN.

Nursiyah. 2013. Studi Deskriptif Tanaman Obat Tradisional Yang Digunakan Orangtua Untuk Kesehatan Anak Usia Dini di Gugus Melati Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Semarang: UNNES.

Situmorang, R.O.P & Harianja, A. H. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kearifan Lokal Pemanfaatan Obat-Obatan Tradisional Oleh Etnik Karo. Sumatera Utara: Balai Penelitian Aek Nauli


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.