ANALISIS MUTU PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN UMUM DAN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS KABUPATEN MAGELANG

Florentina Kusyanti, Ima Kristina Yulilta

Abstract


ANALISIS MUTU PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN UMUM DAN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS KABUPATEN MAGELANG

ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AND PATIENTS SATISFACTION IN GENERAL PATIENTS AND BPJS PARTICIPANTS AT MAGELANG DISTRICT PUSKESMAS

Florentina Kusyanti1* , Ima Kristina Yulita2

1* Universitas Respati Yogyakarta, 2Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 1*florentinakusyanti@gmail.com , 2 yulitaimakristina@gamil.com *penulis korespondensi

Abstrak

Peneliti melihat fenomena pelayanan kesehatan di Puskesmas pada tahun 2015- 2018 yang kurang memuaskan terutama bagi pasien peserta BPJS. Hal ini karena tindak lanjut dari keluhan yang disampaikan pasien masih kurang memuaskan, kadang–kadang hanya diberikan obat yang sama walaupun sebelumnya tidak ada perubahan, sehingga pasien peserta BPJS sering mencari cara untuk periksa ke dokter spesialis supaya segera sembuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien yang periksa ke puskesmas di Kabupaten Magelang. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah Cros Sectional pada 130 pasien yang datang periksa ke puskesmas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Analisis deskriptif dilakukan dengan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan kesehatan puskesmas sudah baik dan pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh puskesmas.

Kata kunci: mutu pelayanan kesehatan, kepuasan pelangan


Abstract

Researchers see the health services phenomenon at public health service in 2015-2018 which is less satisfactory, especially for BPJS patients. This is because the follow-up of complaints submitted by patients is still unsatisfactory, sometimes they are only given the same medicine even though there were no changes before, so BPJS patients often try to check with a specialist to get better. This study aims to determine the health services quality and the patients satisfaction who go to public health service in Magelang Regency. The approach used in this study was Cros Sectional on 130 patients who came to the public health service. Data collection is done by observation, and questionnaires. Descriptive analysis was carried out with SPSP 22.The results showed that the health services quality at the public health service was good and the patients were satisfied with the services provided by the public health service

Keywords: health services quality, customer satisfaction


Keywords


mutu pelayanan kesehatan, kepuasan pelangan

Article Metrics

Abstract view : 76

References


Permenkes No.75 2014 Tentang Puskesmas

UU no 36 tahun 2009 tentang Kesehatan

Muninjaya. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Kedokteran EGC

Pohan,Imbalo.S. (2015). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan.

Jakarta: EGC

Notoatmodjo S. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Siregar, Sofyan. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS versi 17. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Widoyoko,E,P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nofiana, Hendri dan Sri Sugiarsi. (2011). Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Jurnal Kesehatan. Vol.1 No.1 Hal 90-106.

Darwati, Lilik . (2018). Analisis Perbandingan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan non BPJS di Ruang Bersalin RSUD Soegiri Lamongan Jawa Timur. Journal for Quality in Women's Health . Vol. 1 No. 2 pp. 28 – 34

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasara Buku 1. Jakarta : Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)