MANAJEMEN STRES SEBAGAI UPAYA MENGELOLA STRES SISWA SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Wahyu Rochdiat Murdhiono, Cristin Wiyani

Abstract


Stres dapat terjadi pada siswa sekolah menengah. Dampak stres dikategorikan menjadi 3: dampak fisiologis, efek psikologis dan dampak perilaku. Oleh karena itu, perlu adanya layanan masyarakat kepada siswa sekolah menengah sehingga mereka dapat mengelola stres dan menjaga kesehatan mental secara optimal. Sebuah studi pendahuluan dilakukan pada siswa SMPN 2 Ngemplak di kelas XI pada 24 Februari 2019 menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner DASS 42. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 19 siswa, 21,1% mengalami stres normal, dan lebih dari 50% mengalami stres yang dapat menyebabkan efek kesehatan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa tidak ada program terapi untuk menangani stres di sekolah meskipun sekolah sudah memiliki ruang konsultasi. Oleh karena itu, layanan masyarakat dengan menggunakan terapi musik dan aromaterapi perlu dilakukan sebagai manajemen stres pada siswa SMPN 2 Ngemplak. Pelaksanaan pengabdian masyarakat berlangsung pada 11 Oktober 2019 kepada 30 siswa SMPN 2 Ngemplak. Dari 30 siswa, 8 orang menyatakan bahwa mereka mengalami stres ketika mengisi kuesioner. Setelah terapi, hanya 2 orang yang menyatakan stres. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian aromaterapi yang diiringi musik dapat mengurangi stres pada siswa SMPN 2 Ngemplak.

Keywords


manajemen stres; terapi musik; aromaterapi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 102
PDF - 72

References


] Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kemenkes RI; 2013.

Wibawa, N. A. K., & Widiasavitri PN. Hubungan Antara Gaya Hidup Sehat dengan Tingkat Stres Siswa Kelas XII SMA Negeri di Denpasar Menjelang Unian Nasional Berdasarkan Strategi Coping Stres. J Psikol Udayana. 2013;1:138–50.

Priyoto. Konsep Manajemen Stress. Yogyakarta: Nuha Medika; 2014.

Mukhklis, H. & K. Pelatihan Keberyukuran untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA. Gajah Mada J Prof Psychol. 2015;1:203–15.

Iwan, Deden; Rochdiat W. Analisis Faktor Penyebab Stres Dosen dan Karyawan Universitas Respati Yogyakarta Sebagai Dasar Pengembangan Model Kampus Bebas Stres. J Med Respati Vol 12 Nomor 4. 2017;12:69–74.

Rochdiat, Wahyu; Setiawan, Deden; Syafitri E. Intervensi-intervensi dalam Pengelolaan Stres untuk Mewujudkan Kampus Bebas Stres di UNRIYO. Pros Semin Nas dan Work Keperawatan FK UNPAD. 2017. p. 201.

Wijayanti K, dkk. Musik Suara Alam Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Kritis. J Keperawatan dan Pemikir Ilm. 2016;2.

Taylor SE. Health psychology. New York: McGraw-Hill Education; 2018.

Sarafino E., Smith TW. Healt psychology: biopsychososial interactions. Asia: John Wiley & Sons; 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)