PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (Hb) DALAM KEHAMILAN TERHADAP PERKEMBANGAN JANIN PADA TIKUS PUTIH BETINA (RATTUS NORVEGICUS

Setyo Mahanani Nugroho, Maratusholikhah Nurtyas

Abstract


Pada ibu hamil kebutuhan mineral besi meningkat serta terjadi proses haemodilusi (pengenceran darah), hal ini lah yang dapat menyebabkan terjadinya anemia. Ibu hamil yang memiliki kadar hemoglobin rendah atau sedang mengalami anemia akan beresiko mengalami abortus, perdarahan pasca persalinan, kelelahan, bahkan kematian. Sedangkan pada janinnya akan berisiko pertumbuhannya terhambat, prematuritas, kemungkinan bayi lahir cacat bawaan, serta kematian. Inilah yang menjadi alasan utama pada ibu hamil membutuhkan asupan zat besi yang cukup, baik dari asupan makanan maupun suplemen tambahan. Untuk mengetahui Hubungan Peningkatan Kadar Hemoglobin (Hb) dalam Kehamilan terhadap Perkembangan Janin pada Tikus Putih Betina (Rattus Norvegicus). Jenis penelitian eksperimental laboratorik yang menggunakan rancangan acak lengkap dengan menggunakan pola post test only control group design. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rmean (rerata) kadar Hb adalah 10,9660, mean untuk berat janin adalah 37,6127. Berdasarkan tabel distribusi frekuensi tikus dengan anemia sebanyak 5 ekor dan tikus tidak anemia sebanyak 10 ekor, sedangkan tikus dengan berat janin kurang sebanyak 5 ekor dan tikus dengan berat badan normal sebanyak 10 ekor. Hasil analisis data dengan korelasi pearson menunjukkan bahwa p-value = 0,000. Kesimpulan: Ada Hubungan peningkatan kadar hemoglobin (Hb) dalam kehamilan dan perkembangan janin pada tikus putih betina (Rattus Norvegicus).

Keywords


Hemoglobin, Kehamilan, Perkembangan Janin

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4
PDF - 1

References


Mandriwati, Gusti Ayu. 2016. Asuhan Kebidanan Kehamilan Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: EG.

Prawiroharjo, S. 2016. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono.

Kuswanti. 2014. Asuhan Kehamilan. Yogyakarta: Pusta Pelajar.

Manuba, IBG, Dkk. 2010. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Dan KB. Jakarta: EGC.

Sulistyawati, A. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Massa Kehamilan. Jakarta: Selemba Medika.

Arisman, 2004. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : EGC.

Fitria, L dan Sarto, M. 2014. Profil Hematologi Tikus (Rattus norvegicus Berkenhout, 1769) Galur Wistar Jantan dan Betina Umur 4, 6, dan 8 Minggu. Jurnal Ilmiah Biologi. Vol 2, No. 2, Desember 2014, hal 94-100.

Akbar B. 2010. Tumbuhan dengan Senyawa Aktif Yang Berpotensi Sebagai Bahan Antifertilitas. Jakarta: Adabia press UIN.

Dahlan, M. Sopiyudin. 2010. Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Gow, R. V et all. 2018. Maternal Fish Consumtion During Pregnancy and Smoking Behavioural Patern. British Journaal of Nutrition. Volume 119, 1.303-1.311.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)