DUKUNGAN TENAGA KESEHATAN DALAM PEMANFAATAN LAYANAN PROVIDER INITIATED TESTING AND COUNSELING (PITC) SELAMA KEHAMILAN

Lenna Maydianasari, Almira Gitta Novika

Abstract


Infeksi Human Immundeficiency Virus (HIV) berkaitan dengan diagnosa kehamilan yang kurang baik yaitu resiko lahir meninggal, persalinan prematur dan retardasi pertumbuhan intrauterin. Jangkauan layanan testing dan konseling HIV perlu ditingkatkan untuk meningkatkan jumlah ibu hamil yang mengetahui status HIVnya agar yang HIV positif mendapatkan layanan kesehatan lebih dini. Upaya tersebut adalah layanan konseling dan tes HIV atas prakarsa petugas kesehatan (PITC) disamping menguatkan layanan konseling dan testing HIV secara sukarela (VCT). Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman tahun 2017 menunjukkan jumlah ibu hamil HIV positif sejumlah 4 kasus, sedangkan jumlah ibu hamil yang sudah memanfaatkan layanan PITC di Puskesmas Depok II hanya 178 orang dari 356 ibu hamil (50%). Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan dukungan tenaga kesehatan dalam pemanfaatan layanan PITC selama kehamilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive terdiri dari 2 bidan Puskesmas Depok II dan 2 staf Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview). Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan cara deskriptif isi (content analysis). Dukungan tenaga kesehatan dalam pemanfaatan layanan PITC selama kehamilan dapat meningkatkan cakupan PITC bagi ibu hamil. Dukungan informasi, emosional dan instrumental sudah diberikan kepada semua ibu hamil. Dukungan penghargaan belum secara langsung diberikan kepada semua ibu hamil. Dukungan emosional dan penghargaan melibatkan jejaring sosial

Keywords


dukungan; tenaga kesehatan: PITC; kehamilan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6
PDF - 4

References


Abrori dan Qurbaniah, M. (2017). Buku Ajar Infeksi Menular Seksual. Pontianak: UM Press.

Ardhiyanti Y, Novita Lusiana, Kiki Megasari. (2015). Buku Ajar AIDS pada Asuhan Kebidanan. Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Prosedur pengobatan pada Layanan Komprehensif HIV/AIDS Berkesinambungan (LKB) Yogyakarta-Semarang. www.kemkes.go.id.

(2010). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. Jakarta: Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Wahyunita S., Ridwan A., Wahiduddin. (2014). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Klinik Volunntary Counseling And Tasting di Puskesmas Kota Makasar: Makasar.

Wilda, Ifni. (2019). Pemanfaatan Pelayanan Voluntary Counselling and Testing (VCT) HIV Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Langsat Pekanbaru Tahun 2018. Jurnal Photon Vol. 9 No.2, Juni 2019.

Sarafino, EP. (2006). Health Psychology: Biopsychology Interactions.John Willey and Sons.

Farkhanani FT, Ni'mal Baroya, Pudjo Wahjudi. (2016). Service Implementation of Provider Initiated HIV Testing and Counseling (PITC) for Pregnant Women at Pakusari Public Health Center Jember Regency. repository.unej.ac.id.

Kridawati A, JoceDesak Made Sriwitati, Windiyaningsih Cicilia. (2015). Determinan yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan tes HIV pada ibu hamil dii BPM wilayah kerja Puskesmas II Denpasar. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan Vol. 6, No. 2, Desember 2015. Diakses tanggal 14 November 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)