OPTIMALISASI TEH MENOREH KELOMPOK TANI TEGAL SUBUR MELALUI PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PENGEMASAN PRODUK

Desty Ervira Puspaningtyas, Puspita Mardika Sari, Evrita Lusiana Utari.

Abstract


Kelompok Tani Tegal Subur merupakan kelompok tani di Kelurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo yang memproduksi Teh khas Menoreh. Produk teh yang dimiliki oleh kelompok tani ini belum optimal ditinjau dari pengemasan produk. Teh belum dikemas secara vacuum dan belum memiliki informasi mengenai berat bersih, masa berlaku, nama produsen, alamat dan kontak produksi, nilai gizi, serta cara penggunaan produk. Pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kelompok tani mengenai teknik pengemasan dan informasi kemasan produk. Pengabdian dilakukan pada tanggal 27 Juli 2019 dengan melibatkan kelompok tani yang ada di Kelurahan Pagerharjo. Pengabdian dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan pengemasan Teh Menoreh, yang meliputi pembuatan desain kemasan dan penggunaan vacuum sealer. Terdapat peningkatan pengetahuan petani mengenai pengemasan produk dari skor 85 menjadi 89 pada saat sebelum hingga setelah edukasi. Sebelum kegiatan, para petani hanya mengetahui bahwa informasi yang tercantum dalam kemasan adalah izin produksi, berat bersih, masa berlaku, dan nama produk. Setelah kegiatan, para petani mengetahui bahwa informasi mengenai komposisi, alamat produksi, kontak produksi, cara penyajian, dan jenis konsumen wajib dicantumkan dalam kemasan. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan petani dalam membuat kemasan teh menjadi vacuum. Edukasi yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani mengenai pengemasan teh.


Kata kunci: teh menoreh; Kulon Progo; pengemasan produk, vacuum sealer


Keywords


teh menoreh; Kulon Progo; pengemasan produk, vacuum sealer

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2
PDF - 0

References


Kelompok Tegal Subur. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kelompok Tegal Subur. Kulon Progo; 2019.

Sutarmi. Petani Samigaluh dilatih mengolah teh mulai hulu-hilir

ANTARA News Yogyakarta - Berita Terkini Yogyakarta [Internet].

[cited 2019 Nov 9]. Available from: https://jogja.antaranews.com/berita/355759/petani-samigaluh dilatih-mengolah-teh-mulai-hulu-hilir

Puspaningtyas DE, Utari EL, Sari PM. Modul Pelatihan: Standarisasi dan Optimalisasi Teh Menoreh di Dusun Nglinggo Kelurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Program Kemitraan Masyarakat. Yogyakarta: Respati Press; 2019.

Indraswati D. Pengemasan makanan. Irawan DWiP, editor. Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES); 2017.

Sukiarto E. Pengaruh Pelatihan dengan Metode Belajar Berdasarkan Masalah terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Kader Gizi dalam Kegiatan Posyandu. 2007.

PP No. 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu Dan Gizi Pangan [JDIH BPK RI] [Internet]. [cited 2019 Nov 9]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/65674


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)