PENINGKATAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DES) “SAMBIMULYO” DI DESA SAMBIREJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN

Andre Kussuma Adiputra

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat dengan tema peningkatan pengelolaan BUM Des Sambi Mulyo di Desa Sambirejo ini dilaksanakan atas dasar pengamatan yang panjang terhadap permasalahan yang di hadapi BUM Des Sambi Mulyo. Berdasarkan hasil pengamatan tim terdapat 2 permasalahan utama yaitu : (1) Belum ada pemahaman manajemen (tata kelola) BUM Des yang baik dan profesional dan (2) Masih lemahnya pengetahuan berkaitan dengan akuntansi usaha simpan pinjam. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang ditawarkan adalah berikut : (1) perlu pelatihan dan pendampingan bagi pengurus BUM Des selama ± 6 bulan. Pelatihan tersebut mencakup penyusunan visi dan misi organisasi, pembuatan struktur organisasai dan penyusunan diskrpsi kerja bagi masing-masing pengurus. Penyusunan AD/ART BUM Des dan penyusunan rencana usaha (Business Plan) bagi BUM Des. (2) diperlukan pelatihan dan pendampingan pengurusnya BUM Des, utamanya Bendahara dan penasihat selama ± 6 bulan. Pelatihan dan pedaampingan tersebut meliputi pelatihan dasar-dasar akuntansi, penyusunan laporan keuangan, penyusunan rencana kerja dan anggaran, tata kelola usaha simpan pinjam, pelatihan penggunaan MS Excel untuk melakukan penyusunan laporan keuangan dan pelatihan penyusunan laporan pertanggungjawaban pengurus BUM Des. Berdasarkan solusi yang ditawarkan, luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini (1) BUM Des Sido Mulyo lebih tertata dalam manajemen tata kelola BUM Des. Ini ditunjukkan dengan adanya Visi dan Misi BUM Des yang jelas, Struktur Organisasi beserta diskrpsi kerja. BUM Des memilki Draft Anggaran Dasar dan BUM Des Sambi Mulyo mampu penyusun rencana usaha (Business Plan) yang operasional. (2) BUM Des mampu menjalankan usaha simpan pinjam dengan lebih profesional yang ditunjukkan dengan adanya rencana kerja usaha pinjam, pencatatan kegiatan usaha simpan pinjam sesuai dengan kaidah akuntansi sehingga dapat tersusun laporna keuangan (neraca dan laporan laba rugi). Penyusunan laporan keuangan dilakukan dengan menggunakan MS Excel.


Kata kunci : Pengelolaan, BUM Des, Pendampingan, Pelatihan, Manajemen, Akuntansi


Keywords


Pengelolaan, BUM Des, Pendampingan, Pelatihan, Manajemen, Akuntansi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 10
PDF - 6

References


Bahry, SE, MSA, Syaiful (2016); Pengantar Akuntansi, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Sarinah , Mardalena (2017), Pengantar Manajemen, Penerbit Deeppublish, Yogyakarta

Muchtar, A.F (2010); Panduan Praktis Strategi Memenangkan Persaingan Usaha dengan Menyusun Business Plan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Hery, SE, MSi (2017); Pembukuan Sederhana, Penerbit Grasindo, Jakarta.

Rudianta (2010); Akuntansi Koperasi, Penerbit Erlangga, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)