ANALISIS MINAT MASYARAKAT DALAM KEIKUTSERTAAN BPJS KESEHATAN DI KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN

Wahyu Dewi Hapsari, Kiki Natassia, Wahyu Riniasih.

Abstract


Abstrak
Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan publik yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Salah satu sasaran pokok BPJS Kesehatan adalah tercapainya kepesertaan semesta sesuai peta jalan menuju Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2019. Tetapi tampaknya hal tersebut belum dapat tercapai, karena di daerah seperti Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah pada bulan Desember tahun 2018 tercatat ada 502.879 dari 1.455.032 penduduknya belum menjadi peserta. Hal ini tentunya menjadi tanda tanya mengenai minat masyarakat dalam keikutsertaan BPJS Kesehatannya. Metode penelitian ini adalah survei analitik, dengan pendekatan waktu cross sectional yang pengumpulan datanya didapatkan melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner terstruktur pada 100 responden di Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan dengan teknik porposive sampling. Karakteristik dari 100 responden di Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan 49% berumur dewasa akhir (36 – 45 tahun), 52% berpendidikan terakhir Sekolah Dasar dan 60% bekerja sebagai Petani. Sedangkan tingkat pengetahuan dari 100 responden 81% tergolong baik, 75% menganggap biaya memberatkan, 78% menganggap prosedur pendaftaran mudah, dan 70% cenderung berminat. Hasil uji statistik pada pengetahuan, biaya dan prosedur pendaftaran berpengaruh dengan minat (p = 0,000). Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan, biaya, prosedur pendaftaran dengan minat masyarakat dalam keikutsertaan BPJS Kesehatan di Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan.


Kata kunci: BPJS Kesehatan, Pengetahuan, Biaya, Prosedur Pendaftan, Minat.


Keywords


BPJS Kesehatan, Pengetahuan, Biaya, Prosedur Pendaftan, Minat.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 57
PDF - 59

References


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. 2018. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penagihan, Pembayaran Dan Pencatatan Iuran Jaminan Kesehatan Dan Pembayaran Denda Akibat Keterlambatan Iuran Jaminan Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Kudus. 2018. Data Peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Grobogan Desember 2018. Kudus: BPJS Kesehatan Cabang Kudus.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan. 2018. Data Agregat Kependudukan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2018. Grobogan: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Grobogan.

Fatah, Luthfi. 2006. Dinamika Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Banjarbaru: Pustaka Banua.

Hidayat 2017. Metodelogi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta. Salemba Medika

Melinda. Suparwati, Anneke. Suryoputro, Antono. 2016. Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Dalam Keikutsertaan BPJS Mandiri di Kecamatan Bener. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta : PT Rieneke Cipta

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Pangestika, Viona Febya. Jati, Sutopo Patria. Sriatmi, Ayun. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepesertaan Sektor Informal Dalam BPJS Kesehatan Mandiri Di Keluraha Poncol, Kecamatan PekalonganTimur Kota Pekalongan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Saraswati, B. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)