PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF PENINGKATAN LIFESKILL DAN HAFALAN DOA SEHARI-HARI MENGGUNAKAN ARDUINO NANO

Vivianti, Dwi Ratnawati.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan permainan edukasi anak yang dapat membantu anak belajar menghafal doa sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (RnD) hingga tahap perancangan atau desain produk. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan ide model permainan serta desain rangkaian elektronika permainan edukasi belajar doa sehari-hari bagi anak. Permainan edukasi ini didesain dengan memanfaatkan Arduino Nano sebagai mikrokontroler. Produk permainan edukasi untuk peningkatan lifeskill dan hafalan doa sehari-hari ini terdari 2 obyek yaitu produk utama dan obyek pembaca. Produk utama dari penelitian ini adalah sebuah mainan edukatif berbentuk rumah boneka dengan menggunakan Arduino Nano dan Reed Switch. Obyek pembaca merupakan sebuah obyek untuk bermain peran yang di dalamnya ditanam magnet neodymium. Produk permainan edukatif ini dapat mengeluarkan suara doa sehari-hari dan berbagai sound effect ketika obyek pembaca didekatkan ke Reed Switch.


Kata kunci: kit edukasi; arduino nano; hafalan doa


Keywords


kit edukasi; arduino nano; hafalan doa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 61
PDF - 43

References


Kemendiknas. (2009). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Santoso, B. & Pebriyani, O. 2017. Aplikasi Pembelajaran Doa Harian Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2 (4).

Ismail, A. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.

Santoso, S. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Inopendas, 1(1).

Thouless, R. (2000). Pengantar Psikologi Doa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Handiyanto, T. (2010). Studi Komparasi Kemampuan Menghafalkan Doa Sehari-Hari antara Anak-anak di RA Al Hidayah Dharma Wanita Persatuan IAIN Walisongo dan Anak-anak di TK Al Hidayah IX Ngaliyan Semarang. Skripsi, IAIN Walisongo.

Mujib, F, dkk (2013). Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Suwarti, dkk. (2017). Pembuatan Monitoring Kecepatan Angin dan Arah Angin Menggunakan Mikrokontroler Arduino. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)