ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI

Vincensia Serenade, Christina Heti Tri Rahmawati, Ike Janita Dewi.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada lima perusahaan yang melakukan akuisisi tahun 2010-2016. Rasio keuangan yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Quick Ratio (QR), Return on Assets (ROA), Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Debt to Asset Ratio (DAR), dan Turn Assets Turnover (TATO). Analisis statistik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah alat uji beda Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan dan nilai mean sebelum akuisisi lebih besar daripada sesudah akuisisi pada rasio Return on Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), Debt to Asset Ratio (DAR), dan Turn Assets Turnover (TATO). Rasio Earnings Per Share (EPS) tidak memperlihatkan adanya perbedaan yang signifikan. Sedangkan Quick Ratio (QR) memperlihatkan adanya perbedaan kinerja keuangan yang signifikan dan nilai mean sesudah akuisisi lebih besar daripada sebelum akuisisi.


Kata kunci: akuisisi, kinerja keuangan perusahaan


Keywords


akuisisi, kinerja keuangan perusahaan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 48
PDF - 63

References


Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nilam, Lizti Nadya. 2010. Analisis Perbedaan Tingkat Abnormal Return dan Rasio Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akusisi (Studi Empiris pada Perusahaan LQ-45 di BEI yang Melakukan Merger dan Akuisisi Tahun 2004-2007). Skripsi S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang.

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Maryanti, Desi, Hermanto, dan Trias. 2017. “Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perkebunan Sebelum dan Setelah Akuisisi”. Jurnal Manajemen dan Agribisnis. Vol.14. No.2.

Sidauruk, Jestina. 2017. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi pada Perusahaan Pengakuisisi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Skripsi S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Moin, Abdul. 2010. Merger, Akuisisi dan Divestasi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Fitriasari, Faranita. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi Terhadap Manajemen Entrenchment (Studi Perusahaan Yang Melakukan Merger Dan Akuisisi yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2013). Skripsi S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah: Sidoarjo.

Aprilianti, Anis. 2014. “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Melakukan Transaksi Akuisisi (Studi pada Akuisisi PT. Indofood Sukses Makmur, Tbkterhadap PT. Indolakto)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol.3. No.1. h:1 19.

Firdaus, Damar Putri dan Rodhiyah. 2017. “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Pada Perusahaan Sektor Mining and Mining Service yang Terdaftar di BEI yang Melakukan Aktivitas Akuisisi Periode 2008-2013)”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol.6. No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)