PENGARUH HYPNOPARENTING TERHADAP PENINGKATAN STATUS GIZI PADA BALITA

Heny Noor Wijayanti, Delima Citra Dewi, Maratusholikhah Nurtyas.

Abstract


Rendahnya pemahaman orang tua dalam pola asuh pemberian makan pada anak kurang diperhatikan, sehingga menyebabkan status gizi anak kurang atau bahkan berlebih yang tidak sesuai dengan usia maupun tinggi badannya. Oleh karena itu melalui pelatihan hypnoparenting yang telah diikuti diharapkan orang tua dapat mengubah pola asuhnya dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypnoparenting terhadap peningkatan status gizi anak balita. Metode penelitian ini adalah quasy experiment dengan non randomized pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini balita di wilayah kerja Puskesmas Depok 2 dan sampel didapatkan secara purposive sampling sebanyak 10 responden. Analasis yang digunakan dengan uji anova. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil karakteristik laki-laki 4 (40%), perempuan 6 (60%) dan rata-rarta responden status gizi balita setelah hypnoparenting berdasarkan BB/U : -2.403, TB/U : -2.642, BB/TB : -1.525. Analisis statistik non parametric menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh hypnoparenting terhadap peningkatan status gizi balita berdasarkan BB/U, TB/U dan BB/TB (p value= 0,076; 0,151; 0,112, α=0,05). Kesimpulan bahwa perlu adanya observasi dan monitoring lebih lanjut tentang pelatihan hypnoparenting yang efektif dan pelaksanaan setiap harinya yang dilakukan oleh responden.


Kata kunci: Hypnoparenting, status gizi, balita


Keywords


Hypnoparenting, status gizi, balita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2
PDF - 0

References


Dinkes Kabupaten Sleman. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Sleman tahun 2015. Dinkes Kabupaten Sleman.

Jaya,ArisAhmad. http://sabdashakti.wordpress.com/2011/02/09/hypnoparenting/ diakses tanggal 7 April 2014.

Setyono, A. 2007. Hypnoparenting: menjadi Orang Tua yang Efektif dengan Hypnosis. Jakarta : PT Gramedia.

Kusumaningrum, A. & Yulia Eka F. 2015. Pengaruh Hypnoparenting terhadap Status Gizi Balita. Jurnal Keperawatan Sriwijaya volume 2 nomor 2 Juli 2015 ISSN No 2355 545993 https://ejournal.unsri.ac.id.

Kusumaningrum, Kartiwi, Nuryanto. 2011. Pengaruh hypnoparenting terhadap porsi dan frekwensi makan sayur pada balita. Unsri: Skripsi, belum dipublikasikan.

Antoni, Feri. 2014. Pengaruh Hypnoparenting terhadap Peningkatan Nafsu Makan Anak Usia Prasekolah yang Sulit Makan di Jorong Surau Pinang, Nagari Ampang Gadang, Kec. IV Angkek, Kab. Agam Tahun 2014. Skripsi STIKes Perintis Padang. https://repo.stikesperintis.ac.id.

Sutiyono, A. 2010. Dahsyatnya Hypnoparenting. Jakarta: Penebar Plus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)