NGKAT KEPUASAN IBU BALITA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN POSYANDU

Novi Indrayani, Nonik Ayu Wantini, Arum Kurnia Sulistyawati

Abstract


Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Kendala yang terjadi di  Posyandu Desa Tegaltirto yaitu pelaksanaan 5 meja posyandu belum terlaksana, alur pelayanan yang belum sistematis dan dokumentasi masih manual. Pelayanan yang masih belum sistematis membuat ibu balita merasa bingung. Sedangkan pengolahan data secara manual memiliki banyak kekurangan, selain waktu lama keakuratannya juga kurang dalam input dan proses data serta pelaporan. Pengolahan data manual dapat digantikan dengan sistem informasi berbasis Komputer. Pemberian edukasi melalui pelatihan penyelengaraan posyandu 5 meja, pengoperasian perangat keras dan lunak menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Hasil yang diperoleh yaitu pada hari buka posyandu telah dilaksanakan 5 meja posyandu dengan dilengkapi sistem dokumentasi online. Ibu balita merasakan manfaat dari hal tersebut yaitu pelayanan posyandu sudah sistematis sehingga ibu merasa tidak lagi bingung ketika datang untuk melakukan pemeriksaan pada balitanya di Posyandu. Selain itu, pelayanan yang diberkan lebih cepat hal ini meningkatkan kepuasan Ibu terhadap pelayanann posyandu.


Kata Kunci : kualitas, pelayanan posyandu, kader, ibu balita


Keywords


kualitas, pelayanan posyandu, kader, ibu balita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 107
PDF - 140

References


Aditya, T. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Posyandu Camar Kelurahan Poris Plawad Utara Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. JURNAL. Journal of Goverment and Civil Society Vol.1, No. 2, September 2017, pp. 203-216, P-ISSN 2579-4396, E-ISSN 2579- 440X Hal 204

Kementerian kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan. 2012. Ayok Ke Posyandu Setiap Bulan. www.promkes.depkes.go.id

Tse, A.D.P, Suprojo, A dan Adiwidjaja, I. Peran Posyandu terhadap Pembangunan Kesehatan Masyarakat. JURNAL. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2242-6962 Vol.6 No.1 (2017) Hal 60

Iswarawanti, D. N. 2010. Peranan dan Tantangan Pemberdayaannya dalam Usaha Peningkatan Gizi Anak di Indonesia. JURNAL. Volume 13 No. 04 Desember 2010 Halaman 169 – 173 Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan

Andira R A, Zulkifli A, Sidik D.2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Kader Dalam Kegiatan Posyandu di Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba Tahun 2012. Universitas Hasanuddin: Makassar

Putra, G.T.B dan Yuliati, P.C.D. 2016. Gambaran Pengetahuan Dan Kinerja Kader Posyandu di Wilayah Kerja Upt Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung pada Bulan Juli- Agustus 2015. JURNAL. E-Jurnal Medika Vol. 5, No. 10 Oktober 2016. Issn 2303 1395.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)