PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PELAKSANAAN GERAKAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT

Florentina Kusyanti, Ima Kristina Yulita

Abstract


Kesehatan adalah modal utama dalam peningkatan sumber daya manusia,karena orang yang sehat secara jasmani dan rohani yang bisa berpikir dan bertindak secara baik. Fenomena yang terjadi di Kabupaten Magelang terjadi perubahan perilaku yang kurang baik yang mempengaruhi kesehatan manusia, dan banyak orang yang membuang sampah di pinggir jalan akses masuk ke dusun sekitar Mertoyudan, di selokan sehingga selokan tampak kotor dan berbau, dipekarang kosong, anak-anak sering membuang sampah sembarangan,meludah disembarang tempat,tidak memakai masker saat batuk atau flu,jarang melakukan pemeriksaan kesehatan ke tenaga.Semua ini mengambarkan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat di desa Mertoyudan. Metode: jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan analisis korelasional .Pendekatan yang dipakai Cross Sectional pada masyarakat desa Mertoyudan. Data yang digunakan data primer dan data sekunder,pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan wawancara mendalam. Pengolahan data Distribusi Frekuensi, Bivariat dengan chi square dan multivariat dengan regresi. Capaian Hasil: untuk karakteristik umur paling banyak berumur 26-35 tahun (41,67 %),pendidikan menengah (53,34%), untuk univariat pengetahuan baik(40, %), sikap sangat baikdan baik (56,7%), bivariat pengetahuan-germas (p = 0,038, rho = 0,194), Sikap-germas (p = 0,045, rho = 0,170), multivariat sikap nilai terbesar yaitu signifikasi 0,000 sedangkan nilai kontans sebesar 1.352 yang berarti setiap variabel ada hubungan.


Kata kunci : pengetahuan, sikap, hidup sehat


Keywords


pengetahuan, sikap, hidup sehat

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4
PDF - 4

References


Kemenkes,2016.Buku Pedoman pelaksanaan Germas.Jakarta

Notoatmodjo,S.2012.Promosi Kesehatan dan perilaku Kesehatan.Rineka Cipta.Jakarta.

Dinas Kesehatan.2017.Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang.

Notoatmodjo S. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta PT Rineka Cipta

Desa Mertotudan.2018.Profil desa mertoyudan.Magelang

Gibson,J.L.Ivancevich,J.M.Donnelly,J.H, 2010 .Organisasi Perilaku Struktur Proses,* ed,8, jilid 1, Jakarta,Binarupa Aksara ,jilid 1

Sharon Gondodiputro ,2007.Analsis Karakteristik Responden dalam menunjang pengalian potensi bersumber Masyarakat dalam Pendanaan Kesehatan Melalui asuransi kesehatan di Kota Bandung.Upad.

Kemendikbut.2007,buku panduan wajib belajar 9 tahun.Jakarta

Notoatmodjo, S. 2012.Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta

Kotler, P., Amstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Makmuri, Muchlas. 2005. Perilaku Organisasi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Anggraeni SE. 2016,Perbedaan Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi SecaraLangsung dengan Audio Visual Tentang Cuci Tangan Terhadap Praktik dan Perilaku Cuci Tangan. Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Kesehatan

Kemenkes RI,2019.Program promosi pelaksanaan Germas di seluruh desa. Jakarta.

Miliati Azka Saftri dkk,2017.Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Peran Kader Kesehatan dalam Pelaksanaan PHBS.Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip)V.5N0.3 Juli 2017 (ISSN 2356-3346)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)