PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOSMETIK INDONESIA MELALUI ECOMMERCE

Tanti Nurgiyanti, Dwi Nur Laela Fithriya

Abstract


Revolusi teknologi informasi memiliki manfaat pada berbagai bidang, baik perdagangan, jasa, perbankan, bahkan pertahanan dan keamanan suatu negara. Melalui teknologi informasi pemerintah suatu negara dapat memberikan layanan dan informasi bagi warga negaranya, atau yang disebut sebagai E-government (E-Gov). E-Gov berguna untuk memudahkan hubungan antara pemerintah dengan pemerintah (G to G), pemerintah dengan masyarakat (G to S), dan pemerintah dengan dunia usaha (G to B), baik nasional dan internasional. Dengan adanya revolusi teknologi maka muncul lah literasi digital, yaitu kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal. Indonesia telah memanfaatkan literasi digital sebagai wadah dalam mempromosikan produk kosmetik nya di Pasar Global dengan media teknologi. Selain itu, literasi digital disini juga memberikan kemudahan bagi pemerintah Indonesia dalam membentuk opini publik yang merupakan bagian dari Digital Diplomacy dengan tujuan agar masyarakat global paham dan mampu menerima produk kosmetik dari Indonesia tersebut. Digital Diplomacy yang dilakukan oleh Indonesia melalui E-Commerce dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing produk kosmetik Indonesia di Pasar Global.

Kata kunci: Digital diplomacy; literasi digital; E-commerce; daya saing; kosmetik


Keywords


Digital diplomacy; literasi digital; E-commerce; daya saing; kosmetik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4
PDF - 2

References


Dewi Irmawati, Pemanfaatan E-commerce dalam Dunia Bisnis, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Gregorius chandra, dkk,2004, pemasaran global:internasionlisasi dan internetisasi, yogyakarta: penerbit Andi.

Jill Steans dan Lloyd Pettiford, Hubungan Internasional Perspektif dan Tema, 2009, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Z. Heflin Frinces, Persaingan dan Daya Saing Kajian Strategis Globalisasi Ekonomi, 2011, Yogyakarta: Mida Pustaka.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/8356/siaran-pers-tentang-paket-kebijakanekonomi- xiv- peta-jalan-e-commerce/0/siaran_pers

http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesianaik- 500- dalam- 5-tahun

http://presidenri.go.id/berita-aktual/membuka-dan-mengembangkan-potensi-e-commercedi- indonesia.html

http://kemenperin.go.id/artikel/5897/Indonesia-Lahan-Subur-Industri-Kosmetik

http://news.okezone.com/read/2016/01/29/340/1300570/bpom-bidik-penjualan- kosmetikonline

http://m.detik.com/wolipop/read/2016/06/16/071022/3234515/234/produk-kosmetik- lokalindustri-andalan-indonesia-di-2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)