PENYUSUNAN MENU GIZI SEIMBANG BAGI ORANG TUA ATLET SEPAK BOLA DI SSB REAL MADRID UNY DAN SSB BATURETNO

Yuni Afriani, Siska Puspita Sari, Desty Ervira Puspaningtyas

Abstract


Asupan gizi seimbang dapat meningkatkan keberhasilan atlet saat bertanding. Pengaturan gizi yang tepat diperlukan bagi atlet sepak bola dengan mempertimbangkan jenis, jumlah, serta jadwal latihan. Menu seimbang harus mempertimbangkan pembagian waktu dan proporsi pada makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan sore, dan makan malam yang sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Edukasi gizi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan sikap orang tua dalam memilih dan menyusun menu agar dapat menunjang keberhasilan atlet saat berlatih di sekolah sepak bola. Pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pengaturan menu gizi seimbang melalui lomba penyusunan menu seimbang yang dilakukan oleh orang tua atlet sepak bola di SSB Real Madrid UNY dan SSB Baturetno. Pengabdian masyarakat dilakukan pada tanggal 15 September 2019 di Balai Desa Baturetno dengan peserta 30 orang, dan 17 September 2019 di Ruang Kuliah 3 UNY dengan peserta 24 orang. Penyusunan menu seimbang pada orang tua atlet di SSB Real Madrid UNY dan SSB Baturetno sebagian besar sudah bervariasi dan mempertimbangkan komposisi menu yang terdiri atas makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah meskipun belum semua kelompok sesuai dengan standar yang ada dan belum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: edukasi; menu latihan; gizi seimbang; orang tua atlet; sepak bola


Keywords


edukasi; menu latihan; gizi seimbang; orang tua atlet; sepak bola

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 25
PDF - 25

References


Tirto.id. (2019). Mengapa Timnas Senior Melempem Prestasi?. Diakses dari https://tirto.id/mengapa-timnas-senior-melempem-prestasi-eiLU pada tanggal 20 November 2019 Pukul 13.39 WIB.

Williams, J.M. (1993). Applied Sport Psychology Personal Growth to Peak Performance. California: Mayfield Publishing Company.

Murray, B. (2007). Hydration and Physical Performance. Journal of the American College of Nutrition. 26(5):542S–548S.

Puspaningtyas, D.E., Sari, S.P., Afriani, Y., Mukarromah, N. (2019). Edukasi Gizi Efektif Meningkatkan Pengetahuan Atlet Mengenai Gizi Seimbang Dan Pemenuhan Kebutuhan Cairan. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti 2 (2).

Sari, S.P., Afriani, Y., Puspaningtyas, D.E., Mukarromah, N. (2018). Gambaran Sikap Atlet Mengenai Gizi Seimbang dan Pemenuhan Kebutuhan Cairan. Berita Kedokteran Masyarakat. 34(11):

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Gizi Olahraga Prestasi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Irianto DP. (2007). Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta: PT Andi Offset

Afriani, Y., Hadjam, N.R., Farmawati, A. (2017). Pemberian minuman kombinasi maltodekstrin dan vitamin C terhadap mood negatif dan VO2 maks atlet sepak bola. Jurnal Gizi Klinik Indonesia.13(4):196-204.

Puspaningtyas DE, Sudargo T, Farmawati A. (2015). Efek maltodekstrin dan vitamin C terhadap VO2 maks atlet sepak bola. Jurnal Gizi Klinik Indonesia.12(1):20-7.

Sofianita, N.I., Arini, F.A., Meiyetriani, E. (2015). Peran Pengetahuan Gizi dalam Menentukan Kebiasaan Sarapan Anak-anak Sekolah Dasar Negeri di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Jurnal Gizi Pangan, Maret. 10 (1) : 57-62.

Waryana dan Wijanarka, A. (2013). Dasar-dasar Ilmu Komunikasi Gizi. Yogyakarta: Penerbit Fitramaya.

Sari, S.P., Afriani, Y., Sari, J.N. (2019). ”Coaching Clinic” Pengaturan Menu Makanan pada Orang Tua Atlet di SSB Real Madrid dan SSB Baturetno. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Respati Yogyakarta.

Almatsier, S.(2005). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ciptaningtyas, R. (2013). Teori dan Panduan Konseling Gizi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Penggalih, (2019). Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fajrin. (2019). Peran Orang Tau Dalam Mendukung Prestasi Olahraga Sepak bola Putri Mataram Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari. (2017). Pemahaman Orangtua Tentang Pemenuhan Gizi Anak Melalui Luch Box (Bekal Makanan) di Kelompok Bermain IT Sekargading Semarang. Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Wardaningrum, M. (2018). Peranan Orang Tua Dalam Mendukung Prestasi Olahraga Futsal Siswa Madrasah Ibtidaiah Negeri Tawanganom Magetan Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tahun 2018. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)