EKSPLORASI HUMOR VERBAL DALAM POSTINGAN CHANNEL YOUTUBE “WAGU – WATON GUYON”

Tri Septa Nurhantoro, Novi Wulandari, S.S., M.A

Abstract


Humor merupakan fenomena umum yang berperan penting dalam kehidupan manusia ketika berinteraksi dan berkomunikasi, serta dapat dipergunakan dalam lingkup yang sangat luas. Di era internet digital sekarang ini, media berinteraksi dan berkomunikasi menjadi sangat tidak terbatas. Seperti channel YouTube yang saat ini menjadi media untuk megelola konten video untuk dapat diakses banyak orang seluruh dunia. Salah satunya, “Wagu – Waton Guyon” yang sudah diikuti oleh 920.000 pengguna (subscriber) dengan postingan video yang telah diakses oleh jutaan penonton. Sumber data penelitian diambil dari postingan video dalam sebuah channel YouTube tersebut, dimana dalam analisis 70 data ditemukan banyak humor disampaikan dalam bentuk permainan kata sejumlah 41 data (58,57%), bentuk ironi verbal sejumlah 19 data (27,14%), dan bentuk alusi sebanyak 10 data (14,29%). Sedangkan berdasarkan analisis fungsi humor, terdapat humor yang disampaikan sebagai sarana menjelaskan sejumlah 34 data (48,57%), sebagai sarana penghibur sejumlah 24 data (34,29%), dan sebagai sarana kritikan/ejekan sebanyak 12 data (17,14%). Dalam penyampaian humor verbal terdapat penggunaan bahasa yang campur aduk, cenderung kompleks, susah dimengerti, tumpang tindih, disampaikan dengan campuran berbagai bahasa, penggunaan kosakata-kosakata yang dipergunakan tidak semestinya dan tidak berkaitan, serta berpindah dari satu topik ke topik yang lainnya.

Kata Kunci: humor verbal; YouTube; fungsi; bentuk


Keywords


humor verbal; YouTube; fungsi; bentuk

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 15
PDF - 7

References


Wijana,I.D.P. (2004). Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Kaplan, A M., dan Michael H. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, x, 56-88

Meola, A. (2016). Mobile Search and YouTube Continue to Drive Google Ad Revenue. Diakses melalui: http://www.businessinsider.com/mobile-search-and-youtube-continue-todrive-google-ad-revenue-2

Spanakaki, K. (2007). “Translating Humor for Subtitling”. Translation Journal. Diakses melalui: http://www.bokorlang.com/journal/40humor.htm/.

Peyroux (2011: 28)

Mulyani, S. (2003). Humor Dalam Majalah DjokoLodang. Yogyakarta: DIK Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)